Berita Bekasi Nomor Satu

Lomba Merangkai Sambungan Langganan Asah Keterampilan Karyawan Perumda Tirta Bhagasasi

MERANGKAI SL: Direktur Umum Perumda Tirta Bhagasasi, Ahmad Firdaus berusaha merangkai SL di Kantor Pusat Perumda Tirta Bhagasasi, Cikarang Pusat, Rabu (25/9). ARIESANT/RADAR BEKASI

RADARBEKASI.ID, BEKASI – Lomba merangkai Sambungan Langganan (SL) kembali digelar oleh Perumda Tirta Bhagasasi pada 2024 ini. Perlombaan ini diikuti oleh jajaran dewan pengawas, direksi, kepala bagian, kepala cabang, kepala sub bagian, dan kantor cabang pembantu. Total terdapat 54 tim yang bertanding merangkai SL dalam kategori domestik atau rumah tangga.

Ajang perlombaan yang berlangsung pada Rabu (25/9) ini memiliki dua kategori, yaitu kategori pemangku jabatan dan kategori Kantor Cabang Pembantu (KCP).

Dalam setiap sesi pertandingan, sebanyak empat tim diadu ketepatan dan kecepatannya dalam merangkai SL. Tak sedikit perwakilan tim yang ikut lomba ini basah kuyup akibat air yang keluar dari pipa saat pemasangan SL. Suasana semakin meriah dengan sorakan gembira dari para staf yang mendukung tim mereka.

BACA JUGA: Peduli Bencana Kekeringan, Perumda Tirta Bhagasasi Bekasi Distribusikan Air Bersih untuk Masyarakat

Kasubag Distribusi Perumda Tirta Bhagasasi, Akhmad Akromusyuhada, menyebut ajang merangkai SL ini sebagai perlombaan prestasi. Perlombaan ini telah digelar selama tiga musim dalam rangka menyambut Hari Ulang Tahun (HUT) ke-43 Perumda Tirta Bhagasasi.

“Kegiatan ini merupakan ajang untuk mengasah keterampilan seluruh karyawan Perumda Tirta Bhagasasi dalam hal teknik merangkai SL,” ujar Akhmad.

Pada 2024, terdapat penghargaan khusus bagi partisipan perempuan yang mengikuti perlombaan merangkai SL. Penghargaan ini diberikan untuk memotivasi bahwa perempuan memiliki kesempatan yang sama dengan laki-laki dalam bidang teknik di Perumda Tirta Bhagasasi.

“Perempuan pun bisa menjadi staf teknik, bisa menjadi pekerja di lapangan, dibuktikan dengan salahsatu cabang yang bisa mengungguli dari teman-teman laki-lakinya,” tambahnya.

Dalam lomba merangkai SL ini, ketepatan waktu selama 15 menit, kerapian, dan tingkat kebocoran dari rangkaian SL menjadi tolak ukur penilaian. Tiga dewan juri yang berasal dari ahli teknik Perumda Tirta Bhagasasi dilibatkan untuk menilai hasil rangkaian yang dibuat oleh peserta.

“Jadi bocornya ada berapa titik dan berapa resiko kebocoran air terbuangnya. Itu akan kita hitung. Karna juri kami kebetulan senior-senior kami yang sudah purnabakti, jadi mereka lebih berpengalaman,” terang Akhmad.

BACA JUGA: Direksi Perumda Tirta Bhagasasi Harus Terus Bangun Kerja Sama

Melalui ajang merangkai SL ini, Akhmad berharap para karyawan Perumda Tirta Bhagasasi dapat menambah pengalaman dan pengetahuan di bidang teknik. Menurutnya, pemasangan rangkaian SL ini merupakan hal kecil dalam proses instalasi air bersih.

“Harapan kami terutama di divisi teknik, kita harus bisa andil dan harus bisa mahir dalam hal perteknikan,” tuturnya.

Sementara itu, Direktur Umum Perumda Tirta Bhagasasi, Ahmad Firdaus, mengatakan bahwa berbagai perlombaan diselenggarakan dalam rangka menyambut HUT Perumda Tirta Bhagasasi. Dalam lomba merangkai SL ini, para karyawan dapat menjadikannya sebagai ajang silaturahmi dan saling mengenal.

“Hari ini dalam rangka lomba rangkai SL dan masak intinya bukan siapa yang menang atau kalah, tapi hari ini hari kegembiraan kita, kita bersilaturahmi berkunjung bertemu saudara-saudara kita,” tandas Firdaus

Adapun hasil dari perlombaan merangkai SL ini, kategori Kantor Cabang Pembantu (KCP), juara I diraih oleh KCP Tambun Utara, juara II Kantor Cabang Rawa Tembaga, juara III KCP Babelan dan juara IV diraih oleh KCP Sukatani. Sedangkan pada kategori pemangku jabatan, juara I diraih oleh Kantor Cabang Pondok Ungu yang bergabung dengan Bagian Pengendali Kehilangan Air (PKA), dan juara II diraih oleh Kepala Bagian IT dan bagian Mekanikal Elektronik (ME). (ris/*)