Berita Bekasi Nomor Satu

Polisi Hongkong Belajar Bhabinkamtibmas di Kota Bekasi

RADARBEKASI.ID, BEKASI – Ditengah padatnya kerja dalam menyelesaikan banyak kasus, Polres Metro Bekasi Kota tetap menerima kunjungan dari kepolisian Hongkong, Hong Kong Police Force (HKPF) pada Kamis (26/9).

Mereka datang dalam rangka bertukar infomasi dan koordinasi operasi kepolisian antar dua negara.
Tamu spesial itu diterima oleh Wakasat Binmas Polres Metro Bekasi Kota AKBP Puji Astuti di Polsubsektor Pekayon Jaya, kecamatan Bekasi Selatan.

Puji memaparkan, tata cara kepolisian Indonesia khususnya wilayah hukum Polres Metro Bekasi Kota dalam menyelesaikan permasalahan di tengah masyarakat, khususnya Bhabinkamtibmas.

Bhabinkamtibmas, kata Puji, rutin melakukan kunjungan kepada warganya di wilayah kelurahan yang merupakan lingkup kerja personel Bhabinkamtibmas.

BACA JUGA: Identitas Lima Jenazah yang Ditemukan di Kali Bekasi Terungkap, Proses Identifikasi Tuntas 

“Pada saat kunjungan kami mendapatkan informasi dari masyarakat informasi itu harus kami catat dan harus kami bukukan. Ketika laporan sudah masuk ke pimpinan maka akan menjadikan bahan pertimbangan pimpinan untuk mengambil kebijakan,” jelas Puji.

Selain itu, dilakukan dialog antara Polres Metro Bekasi Kota dengan Polisi Hongkong.

“Kultur masyarakat Indonesia dengan Hongkong yang jauh berbeda. Sehingga, pola penerapan yang dilakukan kepolisian dua negara ini berbeda,” ucap dia

Puji menjelaskan, ada tugas pokok yang dijalankan Bhabinkamtibmas yaitu melakukan kunjungan ke masyarakat, kemudian laporan polisi serta menyelesaikan Problem Solving.

Selanjutnya, para personel Hong Kong Police Force ini kemudian diajak untuk melakukan kunjungan ke masyarakat dan melihat secara langsung,

Kemudian, Personil Bhabinkamtibmas Pekayon Jaya bersama dengan Polsubsektor Pekayon Jaya saat melakukan komunikasi dengan warga, terkait dengan kondisi Kamtibmas di wilayahnya. (rez)