Berita Bekasi Nomor Satu

Bisa Jadi Aromaterapi Hingga Bantu Atasi Ketombe, Ini Manfaat Minyak Serai

Ilustrasi Serai. Foto : Ricardo/JPNN.com

RADARBEKASI.ID,BEKASI-Serai wangi (Cymbopogon nardus(L.) Rendle) merupakan salah satu tanaman yang memiliki banyak manfaat. Hasil penyulingan daun dan batang serai wangi diperoleh minyak atsiri yang dalam dunia perdagangan dikenal dengan nama Citronella oil.

Senyawa utama penyusun minyak serai wangi adalah sitronelal, sitronelol dan geraniol. Ketiga komponen ini menentukan intensitas bau harum, nilai dan harga minyak serai wangi. Minyak atsiri serai wangi (Cymbopogon nardus (L.) Rendle) juga mengandung eugenol yang berfungsi sebagai analgesik, sehingga bisa diaplikasikan sebagai obat oles.

Saat ini, Indonesia menjadi negara ketiga terbesar pengekspor minyak serai wangi setelah Tiongkok dan Vietnam. Komoditas serai wangi dari Indonesia di dunia dikenal sebagai java citronella oil. Manfaat minyak serai wangi sangat beragam antara lain sebagai bahan baku industri sabun, parfum, kosmetik, antiseptik, aromaterapi, dan sebagai bahan aktif pestisida nabati.

BACA JUGA:5 Bahan Herbal yang Ampuh Mengobati Sakit Gigi

Minyak serai wangi mengandung senyawa citronella, geraniol, citronell. Minyak di bawah standar ekspor digunakan di dalam negeri sebagai bahan baku industri sabun, pasta gigi dan obat-obatan. Secara tradisional, serai wangi digunakan untuk obat sakit gigi, batuk, maag, terkilir, penghilang rasa nyeri, penghangat tubuh, dan meningkatkan daya imun.

Karena aromanya yang menyegarkan dan wangi, serai wangi kemudian dikembangkan untuk kosmetika. Misalnya untuk campuran sabun wangi, parfum, losion, dan shampo. Beragam manfaat dari serai wangi sebagai berikut:

1. Aromaterapi meredakan rasa cemas

Salah satu manfaat minyak serai yang dijadikan aromaterapi ternyata dapat mengurangi rasa cemas. Menurut penelitian di Journal of Alternative and Complementary Medicine, bahwa mencium aromaterapi minyak serai sedikit saja bisa mengurangi rasa cemas.

BACA JUGA:Tanaman Indoor Untuk Usir Nyamuk Secara Alami

2. Antiketombe

Salah satu manfaat minyak serai juga bisa untuk mengatasi ketombe. Menurut penelitian di Thailand pada 2015, minyak serai bisa dijadikan tonik rambut karena mengandung minyak esensial (Cymbopogon flexuosus). Cobalah mengoleskan minyak esensial serai ini ke seluruh rambut untuk mengatasi ketombe.

3. Obat jamur kulit

Salah satu manfaat minyak serai ternyata juga bisa untuk mengatasi jamur kulit. Menurut hasil studi dalam International Journal of Nanomedicine pada 2015, bahwa minyak serai terbukti membantu menghambat pertumbuhan jamur. Salah satu jamur yang bisa diatasi, yakni Candida albicans yang jadi penyebab infeksi ragi.(ce1)