Berita Bekasi Nomor Satu

Tak Banyak yang Tau, Buah Kersen Ternyata Bisa Diolah Jadi Dodol hingga Permen

Buah Kersen Mempunyai Manfaat untuk Kesehatan. (Diskes Kabupaten Bandung)

RADARBEKASI.ID, BEKASI-Buah kersen atau banyak disebut juga buah seri merupakan buah yang banyak ditemukan di Bekasi. Biasanya pohon kersen tumbuh liar di pinggir jalan atau belakang rumah. Rasa buahnya yang manis membuat kersen banyak jadi incaran anak-anak saat sedang berteduh atau sekedar lewat.

Kersen sendiri awal mula penemuannya berasal dari Karibia, Peru, dan Bolivia yang tumbuh subur di Indonesia hasil dari bawaan zaman kolonial Belanda atau dari negara Filipina pada abad ke-19. Namun siapa sangka, ternyata kersen bisa diolah menjadi berbagai hidangan makanan juga minuman.

1. Dodol Kersen

Kreasi unik ini dilakukan oleh sekelompok mahasiswa dalam penelitiannya berjudul “Dodol Kersen (Muntingia calabura) dengan Kandungan Vitamin C Tinggi sebagai Peningkat Daya Tahan Tubuh”. Ujarnya dalam karya ilmiah tersebut bahwa kersen menjadi buah tambahan dalam Dodol yang menambahkan cita rasa manis.

Dilansir dalam repository.ipb.ac.id dalam penelitian “Dodol Kersen (Muntingia calabura) dengan Kandungan Vitamin C Tinggi sebagai Peningkat Daya Tahan Tubuh”. Selain kandungan vitamin C, buah ini juga mengandung fosfor, kalsium, serat, zat besi, karoten, tianin, dan lainnya yang baik untuk perkembangan tubuh. Sedangkan bagian daunnya dapat bermanfaat untuk menstabilkan gula darah, meredakan batuk, mengobati sakit kepala, merurunkan resiko kolestrol, hingga tekanan darah tinggi.

BACA JUGA:Bisa Jadi Aromaterapi Hingga Bantu Atasi Ketombe, Ini Manfaat Minyak Serai

2. Sirup Kersen

Dilansir dari pindah.jatengprov.go.id buah manis satu ini disulap menjadi olahan sirup yang bercita rasa manis dan menyegarkan. Terbuat dari buah kersen, vanili, kayu manis, dan gula pasir yang dimasak dalam waktu yang lama agar menghasilkan cairan kental layaknya sirup minuman.

3. Selai Kersen

Olahan buah kersen selanjutnya dapat berupa selai yang cocok menjadi pendamping roti. Bahannya cukup mudah yaitu hanya berupa kersen dan gula pasir yang dimasak lama sehingga membentuk selai kental yang siap dihidangkan.

4. Permen Kersen

Laman muntingiacalabura17 memperlihatkan cara mengolah buah satu ini menjadi permen kunyah yang manis dan bertekstur lebut. Bahan-bahannya adalah buah kersen, agar-agar, tepung kedelai, dan gula pasir yang dimasak lalu dijemur hingga kering membentuk permen agar.

5. Kismis Kersen

Masih dalam laman muntingiacalabura17, olahan buah satu ini dapat dijadikan kismis yang manis dan sedikit kenyal. Caranya bagi dua buah lalu jemur atau keringkan dengan oven hingga mengering layaknya kismis. (ce1)