Berita Bekasi Nomor Satu

Penyebab Gigi Menguning dan Cara Kembalikan Putih Alami Gigi

RADARBEKASI.ID, BEKASI-Makanan dan minuman merupakan salah satu penyebab utama gigi menguning. Dilansir dari vogue.in Dr. Ravneet Kaur menyoroti bahwa teh, kopi, anggur merah sebagai penyebab umum noda pada gigi.

Tanin dan asam yang terkandung merupakan alasan bagaimana hal tersebut menjadikan gigi kuning. Tanin yang menempel pada email gigi mendorong bakteri dan gula menempel pada gigi dan sementara itu asam akan mengikis email pada gigi yang membuatnya rentan terhadap gigiberlubang dan perubahan warna.

Makanan yang memiliki warna alami pekat seperti buah beri, kunyit dalam makanan, buah bit, kecap, dan saus tomat juga berpotensi mengubah warna gigi. Terlebih jika makanan tersebut sering dimakan dan tidak menyikat atau berkumur setelah memakannya.

BACA JUGA:5 Bahan Herbal yang Ampuh Mengobati Sakit Gigi

Selain itu soda dan permen dengan pewarna tertentu, gula tinggi, dan bahan asam dapat mengikis email gigi dan mengekspos lapisan dentin bawah sehingga rentan akan pewarnaan. Untuk mencegah perubahan warna dan kerusakan gigi, sangat direkomendasikan untuk melakukan beberapa hal berikut:

1. Menghindari atau meminimalisir makanan dan minuman yang dapat menodai gigi putih anda atau berkumurlah setelah mengkonsumsinya.

2. Sikat atau kumur setiap selesai makan, gunakan pasta gigi berfluorida dua kali sehari untuk membantu menghilangkan noda dan plak.

3. Jangan menyikat gigi apabila sehabis memakanan makanan yang bersifat asam, setidaknya tunggulah selama 30 menit agar email gigi dapat mengeras kembali.

BACA JUGA:Mewujudkan Dedikasi Sepenuh Hati dengan Menjaga Kesehatan Gigi 

4. Menggunakan benang gigi sayang memiliki fungsi yang sama dengan sikat gigi namun dapat menjangkau sela-sela gigi lebih dalam.

5. Kunjungi dokter gigi setiap 4-6 bulan sekali untuk mendapatkan panduan yang tepat dan pembersihan umum atau pembersihan karang gigi,

6. Konsumsilah produk susu yang kaya akan kalsium untuk memperkuat email gigi.

7. Konsumsi buah dan sayuran yang bertekstur renyah untuk menggosok gigi secara alami dan meningkatkan produksi air liur serta membersihkan gigi. (ce1)