Berita Bekasi Nomor Satu

Sekolah Siapkan Evaluasi Tengah Semester, Pencapaian Kompetensi Peserta Didik jadi Fokus Utama

ILUSTRASI: Seorang guru SMAN 1 Cikarang Pusat mengawasi siswa yang mengikuti kegiatan pembelajaran di dalam kelas. ISTIMEWA

RADARBEKASI.ID, BEKASI Sekolah tengah mengumpulkan hasil Asesmen Sumatif Tengah Semester (ASTS) untuk mengevaluasi dan mengukur pencapaian kompetensi peserta didik.

Kepala SMAN 1 Cikarang Pusat, Kabupaten Bekasi, Sayuti, mengungkapkan bahwa pengumpulan hasil ASTS saat ini sedang berlangsung.

“Kami telah mengumpulkan hasil ASTS dari siswa untuk dievaluasi bersama seluruh guru mata pelajaran,” ujarnya.

Hasil evaluasi ini akan menjadi acuan untuk melakukan penguatan atau pengulangan materi jika capaian pembelajaran belum memenuhi target yang ditetapkan. Sayuti menekankan bahwa tidak ada istilah remedial dalam ASTS.

“Jika target mata pelajaran, seperti matematika, adalah 80 tetapi rata-rata siswa hanya mencapai 70, maka perlu dilakukan pengulangan atau penguatan untuk mencapai 10 persen yang tertinggal,” jelasnya.

Saat ini, Sayuti melaporkan bahwa 90 persen hasil pelaksanaan ASTS untuk setiap mata pelajaran telah terkumpul.

“Kami hanya menunggu 10 persen lagi untuk menyelesaikan evaluasi dan mengumpulkan semua guru,” tambahnya.

BACA JUGA: Segitiga Restitusi Menumbuhkan Disiplin Positif di Sekolah

Hal serupa disampaikan oleh Wakil Kepala Sekolah Bidang Kurikulum SMAN 8 Kota Bekasi, Istiyo Wahyuni. Ia juga menyatakan bahwa hasil ASTS masih dalam tahap pengumpulan.

“Saya telah menginstruksikan kepada seluruh guru agar segera menyelesaikan hasil penilaian ASTS,” imbuhnya.

Wahyuni menegaskan bahwa hasil evaluasi ASTS akan menjadi acuan untuk perbaikan capaian pembelajaran dan diharapkan dapat memaksimalkan proses belajar mengajar di semester ganjil.

“Hasil evaluasi ini sangat penting untuk perbaikan dan agar proses pembelajaran bisa lebih maksimal,” harapnya.