Berita Bekasi Nomor Satu

Dari Dirgantara ke Seni Ukir: Ilham Habibie Temukan Perjalanan Inovasi Mantan Pegawai PT DI untuk UMKM Citatah

Ilham Habibie, calon Wakil Gubernur Jawa Barat, melakukan kunjungan kerja ke sejumlah pengrajin batu ukir dan pelaku UMKM di sepanjang jalan Citatah, Kabupaten Bandung, pada Jumat, 11 Oktober 2024. RADAR BANDUNG

 

RADARBEKASI.ID, BEKASI – Ilham Habibie, calon Wakil Gubernur Jawa Barat, melakukan kunjungan kerja ke sejumlah pengrajin batu ukir dan pelaku UMKM di sepanjang jalan Citatah, Kabupaten Bandung, pada Jumat, 11 Oktober 2024.

Dalam kunjungannya, Ilham Habibie menyempatkan diri mengunjungi beberapa pelaku usaha lokal, salah satunya UMKM Peuyeum, produk tradisional khas Bandung dan UMKM batu ukir.

Salah satu momen yang menjadi sorotan adalah pertemuan Ilham Habibie dengan salah satu pengrajin batu ukir, Wawan (65) yang pernah menjadi karyawan di PT Dirgantara Indonesia (PT DI), perusahaan yang didirikan oleh ayahnya, BJ Habibie.

BACA JUGA: Pimpin Tim Pemenangan, Siti Qomariyah Tancap Gas Menangkan Syaikhu-Ilham Habibie

Putra sulung pemilik PT DI pun menyatakan rasa bangganya atas semangat dan kerja keras yang ditunjukkan oleh mantan karyawan PT DI tersebut.

“Ini bukti nyata bahwa semangat inovasi dan kreativitas dapat terus berkembang di berbagai bidang, dan itu diserahkan lagi ke setiap individunya. Beliau dulu bantu membuat pesawat, sekarang menjadi pelaku seni,” ungkapnya.

Selain itu, Ilham Habibie menegaskan pentingnya dukungan pemerintah terhadap UMKM, terutama dalam akses permodalan dan pelatihan untuk pemilik UMKM sehingga tantangan yang ada bisa terselesaikan.

“Untuk menjalankan usaha, perlu ada faktor inovasi karena tantangan akan terus ada. Selain inovasi, dibutuhkan juga dukungan permodalan dan inovasi produk yang sesuai dengan kebutuhan masyarakat,” tambahnya.

Dengan kunjungan ini, Ilham kembali menegaskan visinya untuk memperkuat sektor UMKM dan memastikan bahwa setiap potensi lokal di Jawa Barat mendapatkan ruang untuk berkembang. (*)