Berita Bekasi Nomor Satu

Sekolah di Kota Bekasi Lanjutkan Materi Ganjil Usai PTS, Guru Dituntut Tuntaskan Pembelajaran

ILUSTRASI: Guru SMK Citra Mutiara Kabupaten Bekasi mengawasi siswa saat proses pembelajaran di dalam kelas. ISTIMEWA

RADARBEKASI.ID, BEKASI – Setelah Penilaian Tengah Sumatif (PTS) rampung, sekolah-sekolah di Kota Bekasi kembali melanjutkan materi semester ganjil tahun ajaran 2024/2025. Pelaksanaan PTS berlangsung dari pertengahan September hingga pertengahan Oktober 2024, tergantung kesiapan masing-masing sekolah.

Kepala SMA Tulus Bhakti Kota Bekasi, Margo Cahyono, menjelaskan bahwa penuntasan materi semester ganjil menjadi kewajiban para guru setelah PTS selesai.

“Biasanya, sekitar 50 persen materi masih harus diselesaikan setelah PTS,” ujarnya kepada Radar Bekasi.

Penuntasan ini, menurut Margo, bervariasi tergantung mata pelajaran (mapel) dan kesiapan guru yang bersangkutan. Jika waktu yang tersisa tidak cukup, para guru akan memberikan materi secara singkat dan memberi tugas mandiri kepada siswa.

“Teknis penuntasan materi berbeda-beda, tergantung kesiapan guru. Jika waktu tidak cukup, siswa akan diberi penjelasan singkat dan penugasan tambahan,” terangnya.

Meski demikian, para guru tetap dituntut memberikan pemahaman yang jelas agar siswa dapat memahami materi secara mendalam. “Selain menyesuaikan waktu, guru juga harus memastikan materi tersampaikan dengan jelas,” tambahnya.

SMA Tulus Bhakti baru melaksanakan PTS pada pertengahan Oktober 2024 dengan waktu penilaian yang dijadwalkan selama satu pekan.

Hal serupa disampaikan oleh Wakil Kepala Sekolah Bidang Kurikulum SMK Citra Mutiara Kabupaten Bekasi, Prawiro Sudirjo. Ia menyebutkan sisa materi pada semester ganjil masih sekitar 30-50 persen.

Prawiro menambahkan bahwa dalam Kurikulum Merdeka, materi untuk kelas X yang berada di fase E serta kelas XI dan XII di fase F, dapat dilanjutkan meski belum selesai selama masih dalam fase yang sama.

“Kami masih punya waktu sekitar dua bulan hingga ujian semester ganjil yang dijadwalkan pada Desember 2024, sehingga guru-guru bisa memanfaatkan waktu ini sebaik mungkin,” tutupnya. (dew)