Berita Bekasi Nomor Satu

Media Asing Geram, Kemenangan Indonesia atas Bahrain Dirampok Wasit Al Kaf

Penyerang Timnas Malik Risaldi dengan nomor punggung (10) yang sedang berduel dengan bek kanan Bahrain. Foto: the-afc.

RADARBEKASI.ID, BEKASI – Media asing turut geram, kemenangan Indonesia atas Bahrain dalam putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 pada Kamis (10/10/2024) di Stadion Nasional, Bahrain dirampok wasit Ahmed Al Kaf.

Channel News Asia (CNA) dari Singapura menyebut wasit Ahmed Al Kaf asal Oman itu telah “merampok” kemenangan Indonesia.

Dalam laporan berita berjudul “Got robbed’: Outrage in Indonesia over late equaliser denying country historic World Cup Qualifiers win” CNA menyoroti tindakan Al Kaf yang dianggap tidak menjunjung fair play dalam pertandingan Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia antara Bahrain vs Indonesia.

BACA JUGA: 4 Keputusan Kontroversial Wasit Ahmed Al Kaf Saat Pertandingan Indonesia vs Bahrain

Media CNA menyorot bagaimana pada babak kedua memasuki waktu tambahan 90+6 molor hingga tiga menit menjadi 90+9 atau menjadi 99 menit, yang seakan memberi kesempatan bagi Bahrain untuk menyamakan kedudukan terlebih dahulu sebelum mengakhiri laga.

CNA menyebut tindakan tersebut merugikan Indonesia yang sudah sangat dekat dengan kemenangan, justru dirampok wasit kontroversial tersebut.

Lebih mengejutkan lagi, sambung CNA, wasit langsung menghentikan pertandingan sesaat setelah Indonesia memulai serangan, tanpa memberikan waktu bagi Timnas untuk membalas.

BACA JUGA: Profil Singkat Wasit Kontroversial Ahmed Al Kaf Jagal Kemenangan Indonesia di Kualifikasi Piala Dunia 2026

Keputusan ini memicu amarah dari para pemain dan reaksi keras dari para pengamat sepak bola di luar negeri, termasuk dari Malaysia dan Amerika, yang menilai Indonesia layak menang dan menganggap Bahrain diuntungkan oleh kepemimpinan wasit.

Atas kontroversi ini, PSSI berencana melayangkan protes resmi kepada Konfederasi Sepak Bola Asia (AFC).

“Kami sangat kecewa dengan kepemimpinan wasit yang seolah memberikan waktu tambahan sampai Bahrain mencetak gol,” ujar anggota Komite Eksekutif PSSI, Arya Sinulingga dikutip dari JPNN.

BACA JUGA: Kualifikasi Piala Dunia 2026: Indonesia Nyaris Kalahkan Bahrain, Gol Telat Dilmun Warriors Kacaukan Kemenangan Garuda

Sementara itu Timnas Indonesia akan menghadapi laga selanjutnya pada Selasa 15 Oktober 2024 untuk bertandang ke Tiongkok dalam lanjutan babak Kualifikasi Putara Ketiga Piala Dunia 2026 Zona Asia Grup C. (cr1)