Berita Bekasi Nomor Satu

Profil Kevin Diks, Calon Pemain Naturalisasi Timnas

Ketua PSSI Erick Thohir bersalaman dengan calon pemain naturasasi Kevin Diks. Foto IG @erickthohir.

RADARBEKASI.ID, BEKASI PSSI kembali bakal merekrut pemain naturalisasi yang akan bergabung di Timnas Indonesia. Salah satunya, Kevin Diks, pemain bertahan di FC Copenhagen, Denmark.

Rumor pemain Eropa itu akan bergabung dengan Timnas Indonesia sudah terdengar lama. Rumor itu semakin mendekati kenyataan setelah Ketua Umum PSSI Erick Thohir memposting foto Kevin Diks yang bersalaman dengannya di akun media sosialnya.

“Makan siang sama pemain F.C. Copenhagen yang punya keturanan Indonesia, ngga lupa salaman. Selamat bergabung di Timnas Indonesia Kevin Diks,” ujar Erick Thohir dilansir dari Instagram resminya @erickthohir, Sabtu (12/10/2024).

BACA JUGA: Hari Ini, Dua Pemain Naturalisasi Baru, Mees Hilgers dan Eliano Reijnders Bakal Sumpah WNI di Belanda

Nama Kevin Diks telah lama dikaitkan bakal bergabung dengan Timnas Indonesia. Rumornya, dia tertarik untuk bermain di Indonesia beberapa bulan lalu, bahkan beberapa tahun terakhir.

Salah satu alasannya adalah marga Diks, yang diduga memiliki hubungan dengan Maluku, tempat marga Bakarbessy sangat terkenal.

Sebagai pemain bertahan yang berprestasi tinggi, Diks memiliki pengalaman bermain di Liga Champions bersama FC Copenhagen, klub asal Denmark yang paling terkenal di Eropa.

BACA JUGA: Dua Pemain Belanda Ini Bakal Naturalisasi, Erick Thohir Bilang Begini

Pihak Diks mengklaim, telah dihubungi secara langsung oleh PSSI melalui agennya.

“PSSI sudah menghubungi agen saya untuk pertama kali. Tentu sangat membanggakan karena mereka menganggap saya bisa menjadi tambahan berharga untuk tim,” ujar Diks dalam wawancaranya dengan Bold DK, media besar di Denmark.

Berikut profil Kevin Diks, calon pemain naturalisasi yang akan direkrut PSSI untuk Timnas Indonesia:

BACA JUGA: DPR Percepat Naturalisasi 2 Pemain Ini

Kevin Diks Bakarbessy lahir di Apeldoorn, Belanda, 6 Oktober 1996. Perjalanan sepak bolanya dimulai di klub muda VIOS Vaassen pada tahun 2002.

Setelah dua tahun, ia pindah ke AGOVV Apeldoorn, dan setahun kemudian bergabung dengan akademi Vitesse Arnhem, klub Belanda tempat ia mengasah bakatnya selama hampir satu dekade.

Mengawali karier profesional di Vitesse pada 2014, Diks kemudian direkrut Fiorentina pada 2016 dengan nilai transfer 2,9 juta euro.

BACA JUGA: Mees Hilgers Gabung ke Indonesia, Ini Alasannya

Namun, kariernya di klub Italia itu tidak stabil, karena Diks lebih banyak dipinjamkan ke klub lain seperti Feyenoord, Empoli, dan Aarhus GF. Di Fiorentina, ia hanya tampil dua kali.

Pada 2021, Diks membuat keputusan besar dengan bergabung ke FC Copenhagen, yang terbukti menjadi langkah tepat.

Debutnya bersama klub Denmark ini terjadi pada 18 Juli 2021 melawan AaB di Superliga Denmark.

BACA JUGA: Komisi X Minta 60 Persen Timnas Diisi Pemain Lokal, Warganet Geram

Hingga saat ini, Diks telah bermain dalam 143 pertandingan, mencetak 16 gol, dan menjadi salah satu pemain andalan Copenhagen, yang telah meraih 15 gelar juara liga.

Secara internasional, Diks pernah membela Timnas Belanda di berbagai kelompok usia, termasuk U-19, U-20, dan U-21. Sayangnya, ia belum pernah dipanggil untuk memperkuat tim senior Belanda.

Sebagai bek yang serbaguna, Kevin Diks memiliki pengalaman berharga di Liga Champions, di mana ia telah bermain melawan klub-klub besar seperti Borussia Dortmund, Sevilla, Manchester City, Manchester United, dan Bayern Muenchen selama musim 2022/2023 dan 2023/2024.

Kehadirannya di FC Copenhagen di level Eropa menunjukkan kualitas dan pengalamannya yang siap diandalkan, membuatnya semakin dekat untuk membela Timnas Indonesia. (cr1)