Berita Bekasi Nomor Satu

Waspada! Pahami 4 Ciri WhatsApp Disadap Jarak Jauh

Ilustrasi Penyadap WA. Sumber freepik.com.

RADARBEKASI.ID, BEKASI Tidak banyak yang sadar akan tanda-tanda bahwa akun WhatsApp (WA) mungkin telah disadap, bahkan dari jarak jauh.

Meski WA memiliki fitur keamanan, bukan berarti sistemnya tak dapat ditembus pihak tidak bertanggung jawab.

Jika seseorang meretas WA, informasi pribadi, termasuk data sensitif seperti nomor rekening, dapat saja dicuri. Karena itu, penting bagi pengguna untuk mengetahui ciri-ciri WhatsApp yang sudah disadap.

BACA JUGA: WhatsApp Luncurkan Fitur Filter dan Latar Belakang Saat Video Call

Berikut tanda-tanda WhatsApp telah disadap jarak jauh, sebagaimana dilansir dari JawaPos menurut Your Business Number:

1. Munculnya Kontak Baru yang Tak Dikenal

Periksa daftar kontak jika menemukan nama baru yang tak pernah kamu tambahkan, ini bisa jadi tanda bahwa akunmu telah dipakai untuk mengirim pesan tak dikenal ke kontak lain. Segera hapus kontak tersebut untuk keamanan.

2. Pesan Bercentang Biru, Meski Belum Dibaca

Biasanya pesan masuk ditandai dengan centang abu-abu jika belum dibaca. Namun, jika kamu mendapati pesan bercentang biru meski tak membukanya, besar kemungkinan seseorang telah mengakses akun WA.

BACA JUGA: 3 Cara Blur WhatsApp Web dan Manfaatnya Menjaga Privasi

3. Perubahan Informasi Profil Tanpa Sepengetahuan

Ada kalanya peretas mengubah detail profil, seperti nama atau foto, untuk menyamar sebagai korban. Ini biasanya dilakukan untuk tujuan manipulasi. Pastikan informasi di profil selalu benar dan sesuai dengan yang kamu atur.

4. Perangkat Tertaut Asing

WhatsApp memungkinkan pengguna mengakses akun mereka dari beberapa perangkat. Namun, jika terdapat perangkat yang tidak dikenal dalam daftar perangkat tertaut, segera hapus tautan tersebut. Peretas sering menggunakan WhatsApp Web untuk mengakses akun orang lain secara diam-diam.

Penting untuk selalu waspada terhadap indikasi ini. Jika mendapati salah satunya, segera amankan akunmu, salah satunya dengan cara menginstal ulang aplikasi WhatsApp. Jangan biarkan peretas mengambil kendali atas privasi dan data pribadi. (cr1)