Berita Bekasi Nomor Satu

Suporter Waswas Wasit Al Ali Pimpin Laga Tiongkok vs Indonesia

Wasit Omar Mohamed Al Ali bakal memimpin pertandingan Tiongkok vs Indonesia, Selasa (15/10/2024). Al Ali dikenal sebagai wasit penuh kontroversial. Foto agcff.com.

RADARBEKASI.ID, QINGDAO – Suporter waswas wasit Omar Al Ali bakal memimpin pertandingan laga lanjutan Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia, Tiongkok vs Indonesia, Qingdao Youth Football Stadium, malam ini, Selasa (15/10/2024).

Wasit asal Uni Emirat Arab (UEA) dinilai kontroversial. Kekhawatiran Indonesia bukan tanpa alasan. Kemungkinan wasit tidak berlaku adil di lapangan hijau bakal merugikan Tim Garuda.

Timnas Indonesia sendiri mempunyai misi raih poin maksimal melawan Tiongkok malam ini. Namun, suporter setia tim nasional Indonesia masih dihantui trauma dari pengalaman pertandingan saat Indonesia melaean Bahrain dengan wasit Ahmed Al Kaf yang dianggap merugikan Garuda saat berlaga di National Stadium, Bahrain, Kamis (10/10/2024).

BACA JUGA: Waspada, Wasit Ini Bakal Pimpin Laga Indonesia vs Tiongkok di Kualifikasi Piala Dunia 2026

Kini, mereka bersiap menghadapi ketegangan yang sama ketika Tim Merah Putih bertandang ke Tiongkok di Qingdao Youth Football Stadium malam ini untuk menghadapi tim Naga, jukukan timnas Tiongkok.

Wasit yang akan memimpin pertandingan adalah Omar Al Ali dari Uni Emirat Arab, yang juga dikenal dengan beberapa keputusannya yang sering menimbulkan kontroversi.

Al Ali, yang memulai kariernya di Liga Uni Emirat Arab pada 2018, telah mendapatkan lisensi FIFA dan berpengalaman memimpin kompetisi internasional, termasuk Liga Champions Asia.

BACA JUGA: Data dan Fakta Tiongkok vs Indonesia, Jelang Laga Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia

Pada babak kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia, Sl Ali memimpin laga Australia melawan Bahrain dan menuai banyak kritik setelah memberikan kartu merah kepada pemain Australia Kusini Yengi serta membagikan beberapa kartu kuning dalam laga tersebut.

Sementara itu, Al Ali pernah bertugas sebagai wasit di Piala Dunia U-17 2023 yang diselenggarakan di Indonesia, di mana ia memimpin tiga pertandingan dan memberikan dua penalti. Kini, semua mata akan tertuju padanya saat memimpin pertandingan Tiongkok melawan Indonesia.

Meski memiliki rekam jejak yang cukup kontroversial, Al Ali diharapkan dapat menunjukkan kepemimpinan yang adil dan netral dalam laga krusial antara Timnas Indonesia vs Tiongkok dalam lanjutan babak Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia, pasalnya pertandingan ini akan menjadi momentum kebangkitan Timnas Indonesia untuk berpotensi melesat pada posisi dua klasemen sementara grup C.

BACA JUGA: Peringkat FIFA Indonesia Berpeluang Geser India, Jika Menang Lawan Tiongkok

“Tadi (kemarin, red) saya menyampaikan ke pengawas wasit yang berasal dari Irak. Intinya, kejadian di Bahrain sangat merugikan kami. Saya sampaikan jangan sampai kejadian di Bahrain terulang,’’ ujar Manajer Timnas Indonesia Kombespol Sumardji dilansir dari JawaPos. (cr1/jpc)