Berita Bekasi Nomor Satu

KPU Kota Bekasi Gelar Dua Kali Debat Kandidat Calon Wali Kota-Wakil Wali Kota, Ini Topiknya

Kadiv Sosialisasi, Pendidikan Pemilih, Partisipasi Masyarakat, dan SDM KPU Kota Bekasi, Afif Fauzi (kanan) bersama Wakil Pemimpin Redaksi Radar Bekasi, Miftakhudin (kiri) saat Podcast di Studio Radar Bekasi, Kamis (3/10). EKO ISKANDAR/RADAR BEKASI

RADARBEKASI.ID, BEKASI – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Bekasi telah menetapkan tanggal untuk melangsungkan debat kandidat Calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Bekasi 2024. Debat akan diselenggarakan dua kali, yaitu pada 1 November dan 22 November 2024.

“Kita hanya dua kali debat saja,” ujar Ketua Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih, Partisipasi Masyarakat dan SDM KPU Kota Bekasi, Afif Fauzi, kepada Radar Bekasi, Rabu (23/10).

Untuk tema dan konsep debat, Afif mengungkapkan bahwa saat ini pihaknya masih melakukan koordinasi dan pendalaman bersama tim perumus.

Namun, ia membocorkan bahwa ada enam item topik yang sedang dikembangkan, yang tentunya berkaitan dengan visi dan misi kandidat terkait pembangunan Kota Bekasi.

“Intinya debat ini, kalau tema berarti terkait dengan enam sub tema yang ada di peraturan PKPU 1336. Jadi nanti ada enam aitem yang memang kita kembangkan,” katanya.

BACA JUGA: KPU Kabupaten Bekasi Belum Juga Tentukan Waktu dan Tema Debat Kandidat Calon Bupati-Wakil Bupati

“Dua kali debat ini, kita semuanya paket (pasangan), tapi nanti tunggu hasil finalisasi tim perumus (tim fanelis),” sambungnya.

Afif berharap, saat debat berlangsung, pertanyaan yang muncul dari para kandidat akan sesuai dengan permasalahan nyata di Kota Bekasi. Ia menekankan bahwa visi, misi, dan program yang ditonjolkan seharusnya tidak berkaitan dengan masalah individu atau isu lainnya. Selain itu, bahasa yang digunakan dalam debat diharapkan tidak terlalu tinggi agar masyarakat dapat memahaminya.

“Kami harap nanti pertanyaan yang muncul sesuai dengan permasalahan yang real di Kota Bekasi,” ungkapnya. (pra)