Berita Bekasi Nomor Satu

Bahaya Konsumsi Garam Berlebih, Bisa Bikin Kembung hingga Darah Tinggi

Ilustrasi garam. Foto : Ricardo/JPNN.com

RADARBEKASI.ID, BEKASI-Garam merupakan salah satu bumbu wajib berbagai masakan. Garam juga bisa menjadi bahan pengawet yang baik karena tidak beracun, terjangkau, dan rasanya enak. Namun, mengonsumsi garam secara berlebihan juga tidak baik untuk kesehatan. Berikut ini penjelasannya, seperti dikutip laman JPNN.

1. Kembung

Garam dapat menyebabkan tubuh Anda kembung. Hal ini terjadi karena ginjal mempertahankan kadar natrium tertentu dalam tubuh. Ketika Anda mengonsumsi lebih banyak natrium, ginjal perlu menahan air ekstra sebagai kompensasi. Retensi air ini mengakibatkan pembengkakan dan menyebabkan berat badan Anda bertambah.

2. Dehidrasi dan Mual

Mengonsumsi makanan tinggi sodium bisa menyebabkan mulut kering dan karenanya Anda bisa merasa sangat haus. Ini juga bisa menjadi cara tubuh Anda memperbaiki rasio natrium dan air. Terlalu banyak garam dalam makanan juga bisa menyebabkan ketidakseimbangan di perut dan menyebabkan kamu merasa mual, bahkan bisa mengakibatkan diare.

BACA JUGA:Infeksi Telinga Ternyata Bisa Disembuhkan dengan Pengobatan Alami, Ini Bahan-bahannya

3. Susah Tidur dan Sakit Kepala

Terlalu banyak makan garam sebelum tidur bisa menyebabkan gangguan pada tidur Anda, antara lain perasaan gelisah, terbangun berkali-kali di malam hari, atau rasa lelah di pagi hari. Terlalu banyak konsumsi garam juga bisa mengakibatkan sakit kepala. Sebab,

garam bisa memicu peningkatan tekanan darah dan sakit kepala adalah gejala umum yang sama.

4. Tekanan Darah Tinggi hingga Gagal Jantung

Mengonsumsi garam berlebih selama bertahun-tahun juga dapat menyebabkan resiko tekanan darah tinggi. Ini disebabkan garam bisa memicu aliran darah yang lebih besar melalui pembuluh darah dan arteri. Mengonsumsi makanan kaya natrium dalam jangka waktu yang lebih lama bisa meningkatkan peluang Anda mengalami pembesaran otot jantung, tekanan darah tinggi, dan batu ginjal, bahkan berujung pada gagal jantung.(ce1)