Berita Bekasi Nomor Satu

Ilham Habibie Bakal Optimalkan Potensi Wisata di Jawa Barat

Cawagub Jawa Barat, Ilham Habibie menikmati perjalanan lewat air menuju lokasi deklarasi dukungan Paslon ASIH, Sabtu (26/10/2024). FOTO: HENDRA HIDAYAT/RADAR BANDUNG

RADARBEKASI.ID, BEKASI Calon Wakil Gubernur Jawa Barat (Jabar) nomor urut 3, Ilham Habibie memastikan bakal mengoptimalkan potensi wisata Jawa Barat dengan dukungan insfrastruktur yang memadai.

Hal tersebut diungkapkan usai ditemui usai deklarasi dukungan pada paslon Ahmad Syaikhu-Ilham (ASIH) oleh FKMBB pada Sabtu (26/10/2024) siang.

Ia mengatakan, sejauh ini lokasi wisata yang berada di Pantai Selatan Jawa Barat masih belum dilirik wisatawan lantaran akses masih terkendala infrastruktur yang belum maksimal.

“Potensi wisata di Jabar banyak yang bisa dikembangkan tapi terkendala infrastruktur. Beberapa potensi pengembangan pariwisata di Jabar di antaranya Pantai Selatan, lalu wisata di desa-desa itu terkendala jalan rusak,” katanya.

Ia menambahkan, kondisi infrastruktur menujuomasi wisata yang belum memadai merupakan persoalan yang harus segera diberikan solusi nyata. Hal tersebut tentu akan berdampak positif terhadap sektor pariwisata.

“Nah jadi persoalannya bagaimana pariwisata di Jabar berkembang jika orang yang berkunjung mengeluhkan soal jalannya yang rusak. Tentu ini menjadi program kami Paslon ASIH membenahi infrastruktur,” katanya.

BACA JUGA: Temui Para Pemuda Kabupaten Bogor, Ilham Habibie Tampung Aspirasi dan Keluhan Pemuda   

Ia menyebut, kawasan wisata yang berada di Bandung Raya hingga saat ini masih menjadi destinasi wisatawan untuk menghabiskan waktu berlibur keluarga v karena lokasinya yang nyaman.

“Sebagai contoh di wilayah Bandung Raya, Kabupaten Bandung memiliki pariwisata yang menyejukan ada Pangalengan, Rancabali Ciwidey, lalu di Kabupaten Bandung Barat memiliki segudang wisata, mulai dari kawasan Lembang, kemudian di Saguling terdapat wisata airnya serta kulinernya,” katanya.

Pariwisata di dua daerah itu berkembang, kata Ilham karena didukung oleh infrastruktur yang mumpuni. Sehingga wisatawan domestik dan mancanegara pun minta untuk berwisata di lokasi tersebut.

“Ini menarik minat para wisatawan, karena dapat dengan mudah diakses oleh mereka. Nah jika kawasan wisata pantai selatan mau berkembang artinya infrastrukturnya harus kita benahi,” katanya.

“Saya kira kalau kita benahi dulu infrastrukturnya akan jauh lebih mudah irang lain untuk berinvestasi ke bagian-bagian wisata di Jabar,” imbuhnya.

Ia menegaskan, jika potensi wisata itu dikembangkan dengan baik dengan dukungan infrastruktur maka bisa menjadi sumber pendapatan baik bagi pemerintah setempat maupun pemerintah kabupaten.

“Wisata dengan akses yang sulit saya kira hanya bisa dikunjungi sedikit wisatawan, karena itu bersama pasangan calon ASIH mari kita bangun infrastruktur yang baik ke tempat-tempat pariwisata di Jawa Barat,” tandasnya. (kro/*)