RADARBEKASI.ID, BEKASI – PT PLN (Persero) Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) Bekasi terus berinovasi untuk memberikan kemudahan dan kenyamanan bagi pelanggan.
Salah satu layanan inovatif yang kini tersedia adalah fitur Catat Meter Mandiri melalui aplikasi PLN Mobile. Melalui fitur ini, masyarakat dapat dengan mudah mencatat angka penggunaan listrik di rumah mereka secara mandiri dan akurat.
Fitur ini dirancang khusus untuk pelanggan pascabayar guna memungkinkan mereka mencatat angka meter listrik secara mandiri setiap bulan.
Dengan mencatat sendiri angka meter, pelanggan dapat lebih mudah memantau konsumsi listriknya sekaligus memperkirakan tagihan bulanan.
Layanan ini tidak hanya memberikan kontrol penuh kepada pelanggan tetapi juga mendorong kesadaran terhadap pengelolaan energi yang lebih efisien.
Fitur Baca Meter Mandiri dapat digunakan oleh pelanggan antara tanggal 23 hingga 27 setiap bulannya. Prosesnya sangat mudah, pelanggan cukup membuka aplikasi PLN Mobile, mencatat angka meteran listrik mereka, dan mengirimkannya melalui fitur yang telah disediakan.
BACA JUGA: Srikandi PLN Bekasi Gelar Edukasi Kesehatan Anak dan Keselamatan Ketenagalistrikan
Manager PLN UP3 Bekasi, Donna Sinatra, menyampaikan bahwa fitur ini merupakan salah satu langkah PLN dalam memberdayakan pelanggan untuk lebih sadar terhadap penggunaan energi listrik di rumah.
“Dengan fitur Baca Meter Mandiri, pelanggan tidak hanya dapat memantau pemakaian listrik secara real-time, tetapi juga dapat mengontrol konsumsi energi mereka. Kami berharap layanan ini dapat memberikan pengalaman yang lebih baik dan membantu pelanggan mengelola pengeluaran listrik secara bijak,” ujar Donna.
Ia menambahkan layanan Baca Meter Mandiri melalui PLN Mobile bisa menjadi salah satu solusi agar pelanggan bisa memperkirakan pemakaian listrik setiap bulan. Dengan begitu, pelanggan dapat mengontrol sendiri pemakaian listrik bulanan.
“Pencatatan meter secara mandiri dapat dilakukan antara tanggal 23 sampai dengan 27 setiap bulannya dan khusus untuk pelanggan pascabayar. Sudah sebanyak 56Ribu pelanggan di PLN UP3 Bekasi sudah memanfaatkan fitur ini. Penggunaannya sangat mudah via aplikasi PLN Mobile,” tambahnya.
Adapun langkah-langkah penggunaan fitur layanan catat meter secara mandiri adalah sebagai berikut:
1. Buka aplikasi PLN Mobile
2. Pilih menu Catat Meter
3. Pilih Id Pelanggan
4. Foto angka stand meter yang ada di kWh meter
5. Masukkan angka stand meter, dan kirim.
Setelah melakukan hal di atas, selanjutnya estimasi biaya tagihan rekening listrik akan muncul. Kemudian, tagihan listrik akan keluar di awal bulan berikutnya. Untuk pembayaran tagihan listriknya pun bisa dilakukan langsung melalui aplikasi PLN Mobile.
Terpisah, General Manager PLN UID Jawa Barat, Agung Murdifi mengungkapkan bahwa aplikasi PLN Mobile tidak hanya akan memudahkan pelanggan dalam memantau penggunaan energi listriknya, tetapi juga memberikan kemudahan akses kepada berbagai layanan kelistrikan lainnya.
“Aplikasi PLN Mobile dirancang untuk memberikan kemudahan dalam layanan kelistrikan kepada pelanggan. Melalui aplikasi ini, pelanggan tidak hanya dapat melakukan Baca Meter Mandiri, tetapi juga mendapatkan kemudahan akses cepat ke berbagai layanan, seperti pembayaran tagihan, laporan gangguan/keluhan, dan informasi kelistrikan lainnya. PLN berkomitmen untuk terus menghadirkan inovasi yang memudahkan pelanggan dalam mengelola kebutuhan energi mereka,” tutup Agung. (*)