RADARBEKASI.ID, BEKASI — PT PLN (Persero) Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) Bekasi terus berinovasi untuk memberikan kemudahan dan kenyamanan bagi pelanggan. Salah satu layanan inovatif yang kini tersedia adalah fitur Catat Meter Mandiri melalui aplikasi PLN Mobile.
Fitur ini memungkinkan pelanggan mencatat angka meter listrik secara mandiri, meningkatkan fleksibilitas dan transparansi pencatatan pemakaian listrik.
Manager PLN UP3 Bekasi, Donna Sinatra, mengungkapkan bahwa antusiasme pelanggan yang terus meningkat setiap bulannya menunjukkan kebutuhan akan teknologi yang mempermudah pengelolaan energi.
“Dengan fitur Baca Meter Mandiri, pelanggan dapat lebih proaktif dalam memantau penggunaan listrik mereka. Ini adalah langkah maju menuju manajemen energi yang lebih cerdas dan efisien,” ujarnya.
Ia menambahkan layanan baca meter mandiri melalui PLN Mobile bisa menjadi salah satu solusi agar pelanggan bisa memperkirakan pemakaian listrik setiap bulan.
“Pencatatan meter secara mandiri dapat dilakukan antara tanggal 23 sampai dengan 27 setiap bulannya dan khusus untuk pelanggan pascabayar. Di bulan sebelumnya sudah sebanyak 59.731 pelanggan di PLN UP3 Bekasi sudah memanfaatkan fitur ini. Penggunaannya sangat mudah via aplikasi PLN Mobile,” tambahnya.
BACA JUGA: PLN Bekasi Ajak Masyarakat Lebih Bijak Manfaatkan Diskon Tarif Listrik 50 Persen 2025
Dengan fitur Catat Meter Mandiri, pelanggan dapat mengatasi masalah ketepatan dan transparansi pencatatan meteran listrik. Dengan menggunakan fitur ini, mereka dapat mengakses aplikasi PLN Mobile dan mengunggah foto angka meteran listrik mereka, dan sistem PLN akan secara otomatis memproses data tersebut.
Dalam Fitur Catat Meter Mandiri pelanggan dapat mencatat dan melaporkan angka meter listrik hanya dalam beberapa langkah mudah. Dengan kecepatan dan keakuratan fitur ini dapat langsung memproses data meter oleh sistem PLN, mengurangi risiko kesalahan pencatatan manual. Fitur ini juga memberikan transparansi dimana pelanggan dapat melihat riwayat konsumsi listrik mereka secara langsung di aplikasi.
Salah seorang pelanggan PLN, Jaiman mengaku sudah setahun terakhir menggunakan fitur SwaCAM PLN Mobile sangat bermanfaat karena bisa dengan cepat dan mudah mengetahui estimasi tagihan rekening listrik.
“Aplikasi PLN mobile memberikan saya pengalaman untuk memantau penggunaan listrik PLN dengan fitur SwaCAM dengan mudah. Saya hanya perlu memfoto, kirim lalu muncul estimasi. Angka tagihan yang muncul biasanya tidak jauh berbeda dengan angka tagihan yang harus dibayarkan,” jelas Jaiman
Sementara itu, General Manager PLN UID Jawa Barat, Agung Murdifi, mengungkapkan bahwa aplikasi PLN Mobile tidak hanya akan memudahkan pelanggan dalam memantau penggunaan energi listriknya, tetapi juga memberikan kemudahan akses kepada berbagai layanan kelistrikan lainnya.
“Aplikasi PLN Mobile dirancang untuk memberikan kemudahan dalam layanan kelistrikan kepada pelanggan. Melalui aplikasi ini, pelanggan tidak hanya dapat melakukan Baca Meter Mandiri, tetapi juga mendapatkan kemudahan akses cepat ke berbagai layanan, seperti pembayaran tagihan, laporan gangguan/keluhan, dan informasi kelistrikan lainnya. PLN berkomitmen untuk terus menghadirkan inovasi yang memudahkan pelanggan dalam mengelola kebutuhan energi mereka.” tutup Agung.
PLN UP3 mengajak semua pelanggan khususnya pascabayar untuk mencoba fitur ini dan merasakan manfaatnya. Pelanggan dapat mengunduh aplikasi PLN Mobile melalui Google Play Store atau Apple App Store, atau menghubungi layanan pelanggan PLN di 123 untuk mendapatkan informasi tambahan. (*)