Berita Bekasi Nomor Satu
Bisnis  

Trafik Berpotensi Naik Saat Ramadan dan Lebaran, XL Axiata Tingkatkan Kualitas Layanan 

(Ki-ka) Head External Communication XL Axiata, Henry Wijayanto, Group Head Home Product Marketing XL Axiata, Julius Goeinawan, Head Youth Marketing Communication XL Axiata, Nahdiah Estu Pawestri, Head Premium Product Management XL Axiata, Pandji Alif Faizal, Group Head Mass Segment XL Axiata, Puput Hidayat, Head Strategic Operation & Automation XL Axiata, Jhon Paber Ompusunggu dalam acara update kesiapan jaringan XL Axiata dan promo spesial Ramadan dan Lebaran di Jakarta, Kamis (27/2).

RADARBEKASI.ID, BEKASI – Menyambut bulan suci Ramadan 2025, XL Axiata siap memberikan pengalaman digital terbaik bagi pelanggan dengan berbagai inovasi dan peningkatan jaringan yang signifikan.

Dengan mengangkat tema Ramadan Bulan Ramah, XL Axiata sudah mempersiapkan seluruh layanannya mulai dari jaringan, beragam promo paket internet hingga pelayanan pelanggan yang selalu siap melayani pelanggan setiap saat.

“Dalam rangka meningkatkan kualitas layanan kepada pelanggan, terutama pelanggan Muslim, XL Axiata secara rutin setiap tahun di bulan Ramadan selalu berupaya penuh untuk memperkuat jaringan dan menghadirkan paket-paket promo yang spesial. Program ini kemudian akan berlanjut selama libur panjang Lebaran, sehingga semakin luas pelanggan dan masyarakat yang akan bisa memanfaatkannya,” ujar Direktur & Chief Technology Officer XL Axiata, I Gede Darmayusa.

Menurut Gede, bagi XL Axiata, momentum Ramadan dan Lebaran memang sangat ditunggu-tunggu karena merupakan salah satu pengungkit utama bisnis telko. Trafik XL Axiata saat Ramadan dan selama libur panjang Lebaran diperkirakan bisa melonjak sekitar 15% – 20%.

Hal ini merupakan berkah sekaligus tantangan, karena berarti XL Axiata harus mampu menjaga kualitas jaringan di sepanjang periode khusus tersebut.

Untuk menghadapi lonjalan trafik dan memastikan bahwa kenyamanan pelanggan tetap terjaga selama menjalani ibadah puasa hingga Lebaran, XL Axiata telah melakukan sejumlah langkah strategis untuk memastikan jaringan tetap optimal.

Beberapa kesiapan utama yang sudah dilakukan meliputi penambahan kapasitas di lebih dari 2.000 BTS dan penempatan 120 MBTS untuk mendukung kebutuhan selama Ramadan dan Lebaran.

Selain itu, XL Axiata juga telah melakukan peningkatan kapasitas kapasitas core sebesar 20% dan peningkatan kapasitas RAN untuk lebih dari 2.000 Sites. Dengan rata-rata utilisasi kapasitas saat ini sebesar 60% XL Axiata memprediksi utilisasi selama Ramadan dan Lebaran akan mencapai sekitar 78%

Untuk memastikan kesiapan jaringan menjelang periode Ramadan hingga Lebaran, XL Axiata juga telah menerapkan beberapa inovasi dan teknologi canggih termasuk di antaranya berupa uji jaringan menggunakan metode tanpa pengemudi untuk mengidentifikasi area-area yang perlu di optimalisasi.

Selain itu juga telah disiapkan sistem peringatan otomatis untuk memonitor penurunan pengalaman layanan dan menyeimbangkan kapasitas saat terjadi lonjakan trafik.

Sejumlah langkah mengkondisikan jaringan sudah dilakukan oleh tim jaringan XL Axiata dengan menyesuaikan pada trend penggunaan jenis-jenis layanan, terutama layanan data, tradisi mudik dan pergerakan pelanggan selama liburan panjang Lebaran. Tersedianya infrastruktur jalan tol baru di beberapa daerah yang akan bisa dimanfaatkan masyarakat selama libur Lebaran, juga menjadi perhatian XL Axiata

XL Axiata juga telah menyiagakan sumber daya yang memadai, baik berupa tim teknis yang siaga dan akan memantau kondisi jaringan selama 24 jam, 7 hari sepekan, serta tim lapangan yang siap bergerak setiap saat jika diperlukan. Dari kantor pusat XL Axiata juga dilakukan pemantauan kondisi jaringan di seluruh wilayah operasi melalui fasilitas pusat monitoring Customer Experience & Service Operation Center (CESOC). (oke)