RADARBEKASI.ID, BEKASI – Perusahaan Umum Daerah (Perumda) Tirta Bhagasasi siap meluncurkan aplikasi Pendekar. Aplikasi tersebut dirancang untuk mempermudah pelayanan kepada pelanggan.
Kepala Bagian IT Perumda Tirta Bhagasasi, Irwan Indrawan, menyampaikan bahwa aplikasi Pendekar ditargetkan dapat diluncurkan pada pertengahan tahun ini.
“Target kita paling lama pertengahan 2025 aplikasi Pendekar sudah bisa digunakan secara massal,” ungkap Irwan.
BACA JUGA: Perumda Tirta Bhagasasi Kejar Target 9.600 Pelanggan Baru
Inovasi ini merupakan gagasan dari Bagian Teknologi Informasi (IT) Perumda Tirta Bhagasasi. Irwan menjelaskan, sistem dalam aplikasi tersebut mampu menampilkan informasi nomor pelanggan, periode pemakaian air, golongan pelanggan, jumlah tagihan, serta lokasi loket pembayaran terdekat.
Dengan adanya aplikasi ini, pelanggan dapat melakukan transaksi pembayaran tagihan secara non-tunai melalui bank-bank yang telah ditunjuk.
Tak hanya itu, data pemakaian air bersih pelanggan selama satu tahun juga akan tersaji secara lengkap. Aplikasi ini juga akan memudahkan Bagian Hubungan Langganan untuk meniadakan jadwal piket jaga pada hari Sabtu, karena pelayanan dapat diakses secara digital.
BACA JUGA: Perumda Tirta Bhagasasi Salurkan Air Bersih SPAM Jatiluhur
“Ke depan, kami hanya akan memaksimalkan jadwal piket jaga di Bagian Distribusi yang merupakan tulang punggung Perumda Tirta Bhagasasi,” tambahnya.
Dengan demikian, pelayanan selama 24 jam nonstop dapat dilaksanakan dengan dukungan teknologi ini. Aplikasi Pendekar juga akan mendukung rencana perluasan jaringan pipa air bersih hingga ke kawasan industri di Kabupaten Bekasi.
“Rekening air tak lagi berbentuk fisik kertas, tapi berupa bentuk digital yang digunakan melalui handphone. Ini akan diterapkan di tahun 2025 ini, mulai dari pasang baru, penyambungan kembali, tak ada lagi menggunakan rekening fisik berupa kertas. Semuanya dalam bentuk digital,” jelasnya.
BACA JUGA: Perumda Tirta Bhagasasi Perkuat Manajemen Sistem Pengelolaan Air Bersih
Diharapkan, penggunaan aplikasi ini dapat menghemat pengeluaran perusahaan hingga Rp200 juta per bulan. Anggaran pembelian kertas bisa dihapus, dan jadwal lembur pegawai dapat dikurangi. Ini membuktikan bahwa Bagian IT mampu mendorong efisiensi keuangan perusahaan melalui inovasi digital.
Sebagai informasi, saat ini jumlah pelanggan Perumda Tirta Bhagasasi—BUMD milik Pemkab Bekasi—mencapai sekitar 350 ribu pelanggan yang tersebar di wilayah Kota dan Kabupaten Bekasi. (and/*)