RADARBEKASI.ID, BEKASI – Program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) merupakan program pemerintah yang memberikan perlindungan kesehatan kepada seluruh masyarakat Indonesia.
Sudah banyak masyarakat yang terbantu dengan hadirnya program jaminan kesehatan yang dikelola oleh BPJS Kesehatan. Salah satunya peserta yang telah merasakan manfaat dari hadirnya program ini adalah Samsuri (57).
Saat ditemui oleh Tim Jamkesnews, Samsuri mengatakan sangat puas dengan pelayanan kesehatan yang diberikan oleh BPJS Kesehatan.
“Selama menjadi peserta JKN saya tidak merasa ada hambatan saat menggunakan layanan kesehatan, saya dilayani dengan baik tanpa ada perbedaan dan saya tidak pernah diminta biaya ini itu selama berobat. Pokoknya Program JKN ini sangat membantu sekali, khususnya bagi masyarakat golongan menengah ke bawah seperti saya,” ujar Samsuri.
Selain mengungkapkan tentang kemudahan pada saat mengakses layanan kesehatan, Samsuri juga memberi tanggapan tentang kemudahan yang diberikan oleh BPJS Kesehatan dalam mengurus administrasi kepesertaan. Setelah ia mengetahui bahwa saat ini ada layanan Pelayanan Administrasi Melalui WhatsApp (PANDAWA), ia menjadi mudah untuk melakukan perubahan data peserta.
“Waktu itu saya habis pindah rumah, jadi saya juga harus merubah alamat dan tempat saya berobat. Ketika saya tahu kalau untuk merubah alamat rumah dan fasilitas Kesehatan (faskes) sudah bisa menggunakan layanan Pandawa melalui Whatsapp, saya tidak perlu lagi ke kantor BPJS Kesehatan, semua bisa saya lakukan semua dari rumah, yang penting semua datanya lengkap pasti cepat diproses” ujarnya.
“Data yang diperlukan juga hanya foto Kartu Keluarga (KK) dan foto selfi dengan Kartu Tanda Penduduk (KTP) saja, lalu kita diberi waktu untuk melakukan pengisian formulir, upload dan submit. Awalnya saya pikir sulit untuk menggunakan layanan PANDAWA, namun kalau kita mengikuti perintah pengisiannya ternyata sangat mudah. Pengalaman pertama saya menggunakan Pandawa sangat memuaskan,” jelas Samsuri.
Samsuri mengucapkan terima kasih kepada BPJS Kesehatan karena selama ini telah menjamin kesehatannya dan keluarganya.
“Jujur saya dan keluarga sangat beruntung menjadi peserta JKN, saya dan keluarga jadi tenang kalau sewaktu-waktu sakit,” ungkap Samsuri.
Mengakhiri perbincangan, Samsuri berharap agar kualitas pelayanan BPJS Kesehatan dapat terus ditingkatkan dan memperluas kerja sama dengan faskes sampai ke wilayah pedalaman Indonesia agar seluruh masyarakat Indonesia dapat merasakan manfaat dari hadirnya Program JKN ini, serta terus menciptakan inovasi-inovasi yang bermanfaat untuk peserta JKN.
“Harapan saya sebetulnya sangat besar untuk BPJS Kesehatan, semoga pelayanannya semakin baik dan kerja sama dengan faskes seperti Puskesmas, klinik, rumah sakit semakin luas agar seluruh masyarakat, tidak hanya di kota besar tapi juga sampai ke daerah pelosok bisa mendapatkan layanan kesehatan yang berkualitas. Untuk inovasi yang ada saat ini, seperti Pandawa, Mobile JKN, Care Center 165 dan lain-lain itu menurut saya sudah sangat bagus, sudah sangat membantu kami sebagai peserta JKN dan semua sudah berbasis teknologi, tapi saya titip kepada BPJS Kesehatan agar seluruh data kami dapat dilindungi dengan baik, jangan sampai datanya disalahgunakan atau jatuh ke oknum yang tidak bertanggung jawab,” ujarnya.
“Saya sebagai peserta yang telah merasakan manfaat langsung dari Program JKN ini akan selalu mengingatkan dan menghimbau kepada saudara, tetangga dan kerabat lainnya agar segera memiliki jaminan kesehatan. Sakit tidak ada yang tahu kapan datangnya, tidak pandang usia juga, makanya kita harus selalu siap siaga apalagi saat ini biaya berobat mahal, jadi jangan gengsi daftar jadi peserta JKN,” tutup Samsuri. (*)