RADARBEKASI.ID, BEKASI – Dalam rangka mewujudkan pelayanan yang cepat, mudah, dan transparan, serta memberikan pengalaman positif bagi peserta, BPJS Ketenagakerjaan Kantor Wilayah Jawa Barat menghadirkan program layanan spesial bernama SOMEAH (Solid Melayani Peserta Sepenuh Hati).
“Layanan SOMEAH ini bertujuan untuk memberikan pelayanan cepat dan tepat sehingga peserta dapat dilayani dengan baik serta optimal. Ini adalah bentuk kolaborasi antar bidang internal di Kantor Cabang dalam melayani seluruh peserta,” jelas Kepala Kantor Wilayah Jawa Barat, Kunto Wibowo.
SOMEAH merupakan aktivitas layanan yang dilaksanakan setiap hari khususnya pada pagi hari ketika peserta mulai memadati ruang layanan. Karyawan back office yang sebelumnya tidak terlibat langsung dalam proses layanan, kini hadir untuk memastikan bahwa setiap peserta yang datang ke Kantor Cabang memperoleh informasi yang jelas, bantuan proses klaim dari petugas serta kebutuhan layanan lainnya dengan lebih mudah dan efisien, baik melalui kanal digital seperti JMO (Jamsostek Mobile), LAPAK ASIK (Layanan Tanpa Kontak Fisik) online, JMO Mitra Unit Layanan maupun layanan onsite di Kantor Cabang.
“Hadirnya SOMEAH merupakan bentuk komitmen kami untuk mengutamakan pelayanan yang humanis, efisien dan berfokus pada kepuasan peserta. Program ini menjadi langkah nyata institusi untuk terus berinovasi dan memastikan setiap peserta mendapatkan pengalaman layanan yang baik dari awal hingga akhir proses,” ungkap
Kepala Kantor Cabang Bekasi Kota, A Fauzan.
Melalui keterlibatan karyawan lintas bidang, SOMEAH memberikan sejumlah manfaat nyata, antara lain: mengurai antrian pada jam padat khususnya di pagi hari, mempercepat waktu tunggu di ruang layanan, mewujudkan pelayanan yang cepat dan tanggap, serta menjaga proses layanan berlangsung lebih tertib, terarah dan nyaman bagi peserta.
BPJS Ketenagakerjaan berkomitmen bahwa pelayanan prima bukan hanya tujuan, tetapi standar yang harus diwujudkan setiap hari. Melalui SOMEAH, semangat melayani dengan sepenuh hati diharapkan dapat dirasakan langsung oleh seluruh peserta di seluruh kantor cabang.
Dalam kegiatan SOMEAH ini pula, Fauzan dan seluruh karyawan tidak henti memberikan informasi akan Jamsostek Mobile (JMO), yang merupakan trasnfirmasi digital dengan tujuan menghadirkan layanan berbasis teknologi untuk memperluas jangkaian perlindungan jaminan sosial.
“Melalui aplikasi JMO, peserta kini dapat melakukan pengecekan saldo JHT, proses klaim, hingga pengajuan pinjaman perumahan secara lebih mudah dan transparan. Fitur-fitur tersebut memberikan kemudahan bagi peserta untuk mengelola kepesertaannya tanpa harus datang secara langsung ke kantor cabang,” ujar Fauzan.
Layanan SOMEAH mendapatkan apresiasi dari peserta.
”Pelayanan petugas BPJS Bekasi sangat bagus ramah-ramah cepat akurat, trrima kasih BPJS Bekasi Jawa Barat”, ucap Sukirman Hs. (oke)











