RADARBEKASI.ID, BEKASI – Di era serba teknologi saat ini, dunia bisnis bergerak serba cepat dan dituntut untuk beroperasi secara efisien agar dapat bersaing dengan para kompetitor di bidang bisnis yang digeluti.
Tiap tim di dalam sebuah bisnis pun mesti bergerak gesit untuk memberikan kontribusi bagi pertumbuhan perusahaan, salah satunya tim penjualan yang bertugas menghasilkan pendapatan.
Untuk mendukung pekerjaannya, tim penjualan di suatu bisnis menggunakan berbagai cara dan alat untuk menerapkan sales automation di kegiatan penjualan yang mereka, salah satunya adalah dengan memanfaatkan Whatsapp Business CRM.
Namun, apa sebenarnya yang dimaksud dengan sales automation dan fitur apa saja di dalam sales automation tools yang dapat membantu sebuah bisnis meningkatkan kinerja penjualan? Simak informasi di artikel ini untuk temukan jawabannya.
Apa Itu Sales Automation
Sebelum mengenal fitur-fitur unggulan yang ada di dalam sales automation tools, alangkah lebih baiknya memperkuat fondasi pengetahuan tentang sales automation dengan belajar mengenal apa itu sales automation dan sales automation tools, dua hal yang saling berkaitan satu sama lain.
Definisi Sales Automation
Sales automation adalah proses penggunaan teknologi dan perangkat lunak untuk melakukan tugas-tugas tim penjualan yang seringkali membosankan, sehingga dapat membantu mengurangi waktu, tenaga, dan kesalahan yang disebabkan oleh human error.
Tugas-tugas tim penjualan yang biasanya bisa diotomatisasi adalah melakukan update data pelanggan maupun calon pelanggan, membalas pesan dan merespons pertanyaan pelanggan, mengirimkan bukti penjualan produk kepada pelanggan yang membeli produk bisnis tersebut, dan masih banyak lagi.
Dengan menerapkan sales automation, tim penjualan dapat bekerja dengan lebih efisien dan efektif. Pada akhirnya, penerapan sales automation membantu bisnis untuk memberikan pengalaman berbelanja yang lebih menyenangkan bagi para pelanggan.
Pengertian Sales Automation Tools
Penerapan sales automation dengan efektif dapat dilakukan dengan memanfaatkan sales automation tools. Sales automation tools adalah perangkat lunak yang dirancang untuk mengotomatiskan proses penjualan, mulai dari merespons pertanyaan lead yang masuk ke kontak bisnis hingga berhasil melakukan closing penjualan. Dengan menggunakan alat ini, perusahaan dapat mengelola data pelanggan, mengoptimalkan proses penjualan, dan meningkatkan produktivitas tim penjualan.
Saat ini, sudah banyak sales automation tools yang beredar di masyarakat dan dapat dipergunakan oleh bisnis baik yang berskala kecil seperti UMKM hingga perusahaan berskala besar. Perusahaan berskala kecil hingga sedang biasanya menggunakan integrasi WhatsApp Business dengan CRM yang dikenal dengan WhatsApp Business CRM. WhatsApp Business memiliki fitur-fitur dasar yang dapat membantu bisnis menjalin hubungan yang lebih terpersonalisasi dengan pelanggan sekaligus melakukan proses penjualan.
Namun untuk perusahaan menengah hingga besar, dibutuhkan fitur-fitur yang lebih canggih agar dapat melayani banyaknya pelanggan yang berinteraksi dengan saluran komunikasi bisnis tiap harinya. Karenanya dewasa ini banyak sales automation tools yang disediakan oleh penyedia pihak ketiga.
Mereka menawarkan berbagai fitur yang dapat membantu sebuah bisnis dalam mengoptimalkan proses penjualan. Biasanya, pihak ketiga menerapkan biaya berlangganan dalam bentuk tiers atau berjenjang, sesuai dengan banyak fitur-fitur yang ditawarkan dan dapat diakses pengguna. Perusahaan yang ingin berlangganan pun dapat menyesuaikan biaya sesuai kebutuhan dan anggaran mereka.
Manfaat Sales Automation Tools untuk Bisnis
Sales automation tools membawa berbagai manfaat untuk bisnis. Berikut manfaat-manfaat yang dapat dirasakan jika sebuah bisnis memanfaatkan sales automation tools secara optimal.
Meningkatkan efisiensi: dengan mengotomatisasi tugas-tugas repetitif seperti membalas pertanyaan calon pelanggan, sales automation tools dapat membantu tim penjualan di sebuah bisnis untuk tetap fokus menjalankan tugas-tugas penjualan yang lebih strategis seperti melakukan brainstorming untuk aktivasi penjualan di periode berikutnya, merumuskan gimmick-gimmick penjualan untuk digital campaign yang tengah berjalan, melakukan kolaborasi dengan perusahaan lain, dan masih banyak lagi.
Peningkatan retensi konsumen: melalui segmentasi konsumen yang tepat, sales automation tools membantu sebuah bisnis untuk menjaga hubungan yang lebih baik dengan konsumen.
Misalnya sebuah bisnis makanan sehat dapat menawarkan promosi diskon tertentu saat makan siang kepada segmen pelanggan karyawan kantoran sementara promosi yang berbeda dapat diberikan kepada segmen pelanggan mahasiswa di kurun waktu tertentu. Pemberian promosi produk yang terpersonalisasi ini akhirnya dapat meningkatkan retensi konsumen dan loyalitas pelanggan untuk kembali membeli produk yang sama.
Mengurangi kesalahan: otomatisasi beberapa proses di siklus penjualan produk dapat membantu bisnis mengurangi resiko human error dalam pengelolaan data dan proses penjualan. Salah satu human error yang dapat dinihilkan berkat sales automation adalah kesalahan pengiriman faktur pembelian kepada pelanggan.
Pengalaman pelanggan yang lebih baik: dengan menerapkan sales automation, bisnis dapat memberikan layanan yang lebih personal dan responsif kepada pelanggan. Dengan waktu respons yang cepat dan pertanyaan yang dapat dijawab dengan efisien, pelanggan mendapatkan pengalaman berbelanja yang lebih baik sehingga meningkatkan kepuasan mereka terhadap layanan yang diberikan.
5 Fitur Wajib dalam Sales Automation Tools
Sebelum membeli paket berlangganan, berikut penjelasan mengenai lima fitur wajib yang perlu ada dalam sales automation tools agar dapat memahami fungsi fitur-fitur tersebut dan memastikan bahwa kamu berlangganan sales automation tools untuk fitur yang benar-benar digunakan tim penjualan:
1. Manajemen Kontak dan Lead
Manajemen kontak dan lead adalah salah satu fitur utama yang ada di sales automation tools. Fitur ini dapat membantu perusahaan menelusuri dan mengelola informasi tentang lead dan pelanggan. Dengan fitur ini, tim penjualan dapat:
Mengelola data kontak dengan lebih efektif agar dapat digunakan untuk kebutuhan promosi produk dan berbagai aktivasi lainnya di dalam siklus penjualan.
Menentukan prioritas lead yang perlu di follow-up berdasarkan potensi konversi.
Mengelola data dan informasi pelanggan dengan lebih sistematis dan rapi sehingga dapat lebih mudah diakses oleh pihak-pihak terkait di dalam perusahaan.
2. Otomatisasi Tugas Penjualan
Fitur ini mengotomatisasi tugas-tugas yang repetitif dan dilakukan setiap harinya seperti pengiriman email kepada prospek terkait status pembelian produk maupun bahan promosi dan pembaruan status prospek. Manfaat otomatisasi tugas penjualan adalah:
Meningkatkan produktivitas tim penjualan.
Mengurangi waktu yang dihabiskan untuk tugas-tugas administratif.
3. Pelaporan dan Analisis
Pelaporan dan analisis membantu perusahaan untuk memantau kinerja tim penjualan baik secara keseluruhan maupun spesifik secara individual. Fitur ini juga dapat menyajikan data-data yang komprehensif sehingga stakeholders dapat mengidentifikasi aspek-aspek penjualan yang perlu ditingkatkan. Fitur ini biasanya berisikan:
Laporan penjualan secara real-time serta secara spesifik misalnya untuk kurun waktu tertentu.
Analisis data untuk memahami tren dan pola penjualan.
4. Integrasi dengan CRM
Integrasi sales automation dengan program CRM memungkinkan perusahaan untuk menggabungkan data penjualan dengan data pelanggan lainnya seperti data profiling pelanggan. Integrasi ini sangat membantu perusahaan dalam memberikan gambaran yang lebih lengkap tentang pelanggan serta kebiasaan berbelanjanya di perusahaan tersebut. Keuntungan integrasi CRM meliputi.
Mengoptimalkan proses penjualan dengan memanfaatkan data dalam CRM, sehingga tim penjualan dapat lebih memahami kebutuhan dan preferensi pelanggan dan memberikan layanan yang lebih relevan dan efektif.
Meningkatkan kolaborasi antara tim penjualan dan tim layanan pelanggan. Tim layanan pelanggan dapat membantu melacak lead dari tahap awal berkomunikasi dengan mereka hingga pelanggan telah melakukan pembelian. Sementara itu, sales automation membantu tim penjualan agar proses penjualan berjalan dari awal hingga akhir tanpa ada satu langkah yang terlewatkan.
5. Segmentasi Konsumen
Segmen konsumen atau yang dikenal juga dengan customer segment adalah fitur di dalam sales automation tools yang berfungsi mengelompokkan pelanggan berdasarkan berbagai kriteria tertentu seperti demografi, perilaku, dan preferensi. Dengan segmentasi konsumen, perusahaan dapat:
Menyusun strategi penjualan yang lebih tepat sasaran sesuai segmentasi konsumen tertentu, misalnya memberikan diskon khusus pelajar dan mahasiswa di kurun waktu tertentu untuk produk buku.
Meningkatkan relevansi komunikasi dengan pelanggan misalnya tim penjualan yang tengah melakukan closing penjualan produk kecantikan, dapat berkomunikasi dengan pelanggan menggunakan topik-topik yang relevan di kalangan mahasiswa sehingga pelanggan tertarik dan anggota tim penjualan tersebut berhasil menjual produk.
Kesimpulan
Pada akhirnya, sales automation merupakan hal yang berperan dalam membantu sebuah bisnis untuk meningkatkan efisiensi dan efektivitas tim penjualan. Dengan memahami dan menerapkan fitur-fitur wajib dalam sales automation tools, sebuah bisnis dapat mencapai kinerja penjualan yang lebih optimal dan memberikan layanan yang lebih baik kepada pelanggan. Sudahkah bisnismu ataupun perusahaan tempat kamu bekerja memanfaatkan sales automation tools?. (adv)











