Berita Bekasi Nomor Satu

Wanajaya Fokus Pengembangan Agrowisata

Siyan Awing
Siyan Awing

Radarbekasi.id – Pemerintah Desa (Pemdes) Wanajaya sedang fokus untuk pengembangan agrowisata dengan pembangunan lintasan off road dan hutan Desa di samping Perumahan Pesona Gading Cibitung (PGC) 2, Desa Wanajaya.

Sekretaris Desa (Sekdes) Wanajaya, Siyan Awing mengungkapkan, agrowisata yang sedang dikembangkan sedang dalam tahap penataan guna persiapan untuk bisa segera dimanfaatkan.

”Ya, kita saat ini sedang fokus pengembangan agrowisata itu di sepanjang jalan samping perumahan PGC 2, dengan luas lahan 35 ribu meter persegi. Dan sampai sekarang persiapan lagi jalan, harapan kami akhir 2020 bisa selesai,” kata Siyan ditemui di kantornya, Rabu (19/2).

Dia mengungkapkan, agrowisata ini rencananya berdiri di atas lahan yang kini masih menjadi milik PT Metland Cibitung. Untuk kedepannya, kata dia, akan dilakukan ruislag dengan lahan Tanah Kas Desa (TKD) agar lahan agrowisata itu menjadi milik desa.

”Untuk tahan tukerannya (pengganti) sudah kita siapkan di wilayah Sukajaya,” ujarnya.

Lebih jauh, Siyan menjelaskan, terkait agrowisata berupa lintasan off road saat ini sudah bisa digunakan. Namun, masih tahap uji coba dan belum dikomersialkan. ”Rencananya di pertengahan tahun ini harapannya sudah benar-benar selesai,” harapnya.

Terkait hutan desa, Siyan menambahkan, dibutuhkan waktu yang relatif cukup lama. Karena penataan taman membutuhkan waktu untuk penanaman pohon.

”Artinya untuk tanaman kan nggak langsung gede (besar) butuh proses. Dan kita ingin buat suasana yang lebih teduh di sana. Ya, minimal butuh waktu paling lama lima tahun lah untuk bisa dimanfaatkan oleh masyarakat,” tandasnya.(cr49)


Solverwp- WordPress Theme and Plugin