BekasiMetropolis

Gerakan Sosial Bantu Warga Terdampak

Sosial
BERIKAN PAKET SEMBAKO : Pengurus DKM memberikan paket bantuan sembako kepada salah satu warga di lingkungan RT02/03, Jatiluhur, Jatiasih, Kota Bekasi, Senin (20/4). IST/RADAR BEKASI

Radarbekasi.id – Gerakan sosial dilakukan bersama pengurus Rukun Tetangga (RT), DKM Masjid, hingga Perguruan tinggi swasta, dalam rangka untuk memberi bantuan kepada warga yang kesulitan ekonomi di tengah masa pandemi Covid-19.

Kegiatan bersama ini dilaksanakan di lingkungan RT02/03, Kelurahan Jatiluhur, Kecamatan Jatiasih, Kota Bekasi, sejak Minggu (19/4) hingga Senin (20/4) kemarin.

Adapun giat sosial ini, berupa pembagian paket sembako sekitar 100 buah untuk bantu warga memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari.

Ketua RT 02/03, Hasan Basri mengatakan, paket sembako yang dibagikan kepada warga itu adalah hasil swadaya yang dikumpulkan oleh masyarakat, dan juga bantuan Universitas Muhammadiyah Prof. HAMKA (UHAMKA) Jakarta. Untuk jenis bahan pokok yang disalurkan yakni beras kemasan 10 kilogram, minyak goreng, terigu, kecap, dan mie instan.

“Semoga apa yang kita lakukan ini dapat membantu warga di masa-masa sulit sekarang, akibat adanya wabah virus Korona,” imbuh Hasan saat kegiatan pembagian sembako di wilayahnya, Senin (20/4).

“Insyallah, pembagian sembako ini akan kami lakukan dua kali. Adapun untuk tahap berikutnya, rencananya itu akan kita laksanakan pertengah bulan Ramadhan,” tuturnya.

Hasan menyebut, selain aksi sosial ini pengurus RT sebelumnya sudah aktif melakukan giat penyemprotan disinfektan, dan juga fogging sebab bersamaan dengan penyakit DBD mewabah. “Dan kami juga secara aktif mengajak warga agar gotong royong membersihkan lingkungan,” ujarnya.

Di tempat yang sama, salah satu Dosen UHAMKA Jakarta, Sigid Edy Purwanto menyampaikan, bahwa institusi pendidikan paham betul dengan kesulitan warga di tengah pandemi corona virus atau Covid-19 yang terjadi sekarang ini.

“Ya, semua masyarakat terpukul dengan kondisi saat ini, maka perlu ada gerakan sosial untuk saling membantu memenuhi kebutuhan pokok masyarakat,” katanya.

Dia menyebut, dalam upaya untuk membantu warga itu dari UHAMKA pun sudah mendonasikan puluhan paket beras, dan masker untuk bisa diberikan kepada warga. Dan untuk pembagian donasi UHAMKA ini, kata dia, dilakukan bersamaan dengan donasi milik warga RT02/03 Kelurahan Jatiluhur.

Sementara itu, Dewan Kemakmuran Masjid (DKM) Al Fatih Jatiasih juga melakukan pembagian sembako dalam waktu bersamaan. Bantuan itu diberikan kepada jamaah masjid yang terdampak secara ekonomi. “Kami harapkan bantuan sembako ini dapat membantu jamaah,” kata M. Yulianto, Ketua DKM Al Fatih.

Dari kegiatan ini pula, Ketua DKM berharap, aksi sosial pembagian sembako ini dapat menjadi gerakan bersama oleh seluruh elemen yang ada di masyarakat untuk membantu sesama. (mhf)

Related Articles

Back to top button