Berita Bekasi Nomor Satu

Pemkab Mulai Distribusikan Bansos

LAKUKAN PENGEPAKAN : Sejumlah pegawai Dinas Sosial Kabupaten Bekasi sedang melakukan pengepakan bantuan sosial untuk disalurkan ke masyarakat yang terdampak Covid-19. DOK.HUMAS/RADAR BEKASI

 

LAKUKAN PENGEPAKAN : Sejumlah pegawai Dinas Sosial Kabupaten Bekasi sedang melakukan pengepakan bantuan sosial untuk disalurkan ke masyarakat yang terdampak Covid-19. DOK.HUMAS/RADAR BEKASI

RADARBEKASI.ID, BEKASI – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bekasi mulai menyalurkan bantuan sosial (bansos) sebanyak 152.000 paket untuk warga yang terdampak Covid-19.

Pembagian bansos tersebut akan didistribusikan oleh pemerintah desa sesuai dengan pendataan melalui RT/RW.

Menurut Kepala Dinas Sosial Kabupaten Bekasi, Abdillah Majid, penyaluran bansos ini akan dibagikan secara berkala kepada warga. Dimulai pada hari ini (kemarin,Red) sebanyak 5.000 paket.

“Bansos dari Pemkab Bekasi yang akan dibagikan ke masyarakat Kabupaten Bekasi terdampak Covid-19 total-nya 152.000 paket. Dan untuk hari ini didistribusikan sebanyak kurang lebih 5.000 paket,” terang Abdillah.

Ia menjelaskan, Pemkab Bekasi akan terus memberikan bantuan bagi warga terdampak, yang dilakukan secara berkala sampai dengan proses pengepakan (packing) selesai dilakukan.

“Saat ini kami masih terus upayakan agar semua cepat selesai. Karena masih terkendala dengan bahan baku yang datang-nya tidak berbarengan,” ujar Abdillah.

Dia menambahkan, bantuan akan diberikan kepada warga Kabupaten Bekasi yang terdampak secara ekonomi. Seperti pengemudi ojek pangkalan maupun ojek daring (online), pemulung, toko kelontong, pemulung dan para pekerja informal lain-nya.

Sementara untuk prosedur pengambilan, nantinya akan dibagikan langsung oleh pihak kecamatan yang didistribusikan ke setiap desa di Kabupaten Bekasi. Dan dibagikan langsung oleh unsur Polres dan Kodim.

Abdillah berharap, untuk memutus penyebaran Covid-19, seluruh masyarakat Kabupaten Bekasi harus membantu pemerintah melalui penerapan Pembatasan Ssosial Berskala Beasr (PSBB).

Seperti diketahui, guna memutus mata rantai penyebaran Covid-19, Pemkab Bekasi telah menerapkan PSBB yang dimulai sejak Rabu (15/4) lalu.

Oleh sebab itu, bantuan sosial yang diberikan saat ini merupakan bentuk tanggung jawab pemerintah bagi warga terdampak. Baik dari Pemerintah Pusat maupun Daerah atas penerapan PSBB yang sedang berlangsung di Kabupaten Bekasi.

Sementara itu, Camat Tambun Selatan, Junaepi menambahkan, pihaknya sudah berkomunikasi dengan para kepala desa/lurah. Kata dia, penyaluran bansos akan melibatkan Pekerja Sosial Masyarakat (PSM).

“Ya nanti penyaluran diberikan berangsur. Infonya saat ini baru pemberian di Kecamatan Kedungwaringin. Dan untuk menenangkan masyarakat, kami juga lakukan sosialisasi, supaya penyaluran bantuan dapat maksimal, ” ucapnya.  (and/adv)


Solverwp- WordPress Theme and Plugin