Berita Bekasi Nomor Satu

Siloam Salurkan 4.400 Test Kit dan PCR ke 32 RSU

BANTUAN: Kelompok Rumah Sakit Siloam menyalurkan 4.400 swabs, VTM, test kit, serta PCR primers dan reagen ke 32 Rumah Sakit Umum DKI Jakarta sebagai bentuk dukungan melawan Covid-19. Foto: Istimewa
BANTUAN: Kelompok Rumah Sakit Siloam menyalurkan 4.400 swabs, VTM, test kit, serta PCR primers dan reagen ke 32 Rumah Sakit Umum DKI Jakarta sebagai bentuk dukungan melawan Covid-19. Foto: Istimewa

RADARBEKASI.ID, BEKASI – Kelompok Rumah Sakit Siloam menyalurkan 4.400 swabs, VTM, test kit, serta PCR primers dan reagen ke 32 Rumah Sakit Umum DKI Jakarta sebagai bentuk dukungan melawan Covid-19.

Rumah sakit umum pemerintah berperan besar dan menghadapi tantangan berat di garda depan perperangan melawan pandemi Covid-19. Pihak swasta memiliki kesempatan berbagi dalam sumber daya dan pengetahuan berbeda sebagai wujud kerja sama di lapangan.

Peningkatan jumlah kasus Covid-19 setiap hari yang kian cepat sangat membutuhkan peran kunci dalam deteksi awal melalui testing yang cepat baik melalui antibody rapid test maupun RT-PCR test. Deteksi dini ini memungkinkan pemberian perawatan tepat waktu, khususnya pada titik awal serangan Covid-19, sebelum serangan dashyat terjadi terhadap paru-paru. Pada akhirnya, deteksi dini dan tepat waktu akan meningkatkan angka kesembuhan dan mengurangi angka kematian.

Untuk itu, kelompok RS Siloam berinisiatif membagi alat dan reagen pemeriksaan kepada Dinas Kesehatan DKI Jakarta yang secara simbolis diserahterimakan oleh Wakil Direktur Utama Kelompok Siloam, Caroline Riady dan Direktur Siloam dr. Grace Frelita kepada Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan didampingi Kepala Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta Widyastuti.

“Kami menghargai inisiatif dan kerja sama dengan kelompok Siloam sebagai salah satu penyedia layanan kesehatan, terutama di masa krusial ini. Kami berharap dukungan ini dapat membantu mengendalikan penyebaran virus corona dengan dilakukannya tes kepada lebih banyak pihak, khususnya terhadap kelompok ibu sedang hamil. Apabila ada tindakan medis yang diperlukan pasca tes, akan dapat segera dilakukan dan dengan demikian dapat memutus rantai penyebaran Covid-19,” ujar Widyastuti.

Sementara, Caroline Riady menyatakan, kunci dari upaya melawan Covid-19 adalah testing dengan cepat, luas, dan efektif. Dengan demikian bisa diambil keputusan tepat waktu untuk mengisolasi dan merawat pasien, serta dengan cepat melakukan kontak tracing untuk menurunkan dan memutuskan rasio penularan.

“Akibatnya juga lebih menjamin keselamatan dan keamanan para dokter, perawat dan pekerja medis di rumah sakit dan fasilitas kesehatan. Siloam terus mengupayakan diri siap mendukung misi dan program pemerintah dalam usaha bersama melawan Covid-19,” ujar Caroline.

Sedangkan, dr. Grace Frelita menambahkan, dalam ikut berpartisipasi mendukung pemerintah menangani Covid-19, Siloam telah meningkatkan 30 persen kapasitas jumlah tempat tidur dan sepenuhnya mengoperasikan tiga RS rujukan khusus Covid-19 yaitu RS Siloam Mampang (415 TT), RS Siloam Kelapa Dua (215 TT), dan RS Siloam Paal Dua (145 TT), masing masing di Jakarta, Tangerang, dan Manado. (oke)


Solverwp- WordPress Theme and Plugin