Cikarang

Disnaker Diminta Awasi Perusahaan yang Melakukan PHK

Anggota DPRD Kabupaten Bekasi, Danto

RADARBEKASI.ID, BEKASI – Anggota DPRD Kabupaten Bekasi, Danto menyampaikan, buruh atau karyawan yang bekerja di perusahaan yang berada di Kabupaten Bekasi, sudah lama merasakan dampak secara langsung pandemi Covid- 19 yang hingga saat ini masih berlanjut.

Bahkan, kata dia, untuk buruh dari sejumlah perusahaan sudah banyak yang dirumahkan, dan juga ada yang tak diperpanjang kontrak kerja. Tidak sedikit juga yang tak dapat pesangon.

“Artinya, dalam hal ini pemerintah daerah harus tegas. Untuk perusahaan yang seenaknya mem PHK karyawan, jangan hanya diberikan sebatas himbauan, tapi harus diberi arahan melalui Surat Edaran (SE),” saran Danto saat dikonfirmasi Radar Bekasi, Selasa (12/5).

Ia pun menyesalkan, tindakan Dinas Tenaga Kerja (Disnaker), yang tidak bisa memberikan surat tertulis pada perusahaan untuk tidak melakukan PHK. Bahkan, kata Danto, Disnaker berdalih, perusahaan di Kabupaten Bekasi masih sanggup membayarkan gaji para karyawan.

“Dengan tidak mengeluarkan edaran saja, itu sudah merupakan kesalahan, bukan hanya sebatas imbauan atau sosialisasi. Meski ada putusan dari pemerintah pusat, pemerintah daerah juga harus membuat surat edaran, agar tidak membingungkan perusahaan dan karyawan yang sampai sekarang masih ada juga yang tetap bekerja,” saran-nya.

Jika ada surat edaran, maka pihak perusahaan bisa bekonsultasi jika akan melakukan PHK. “Artinya, dalam hal administrasi, Disnaker harus tegas,” beber Danto.

Sementara Anggota Komisi IX DPR RI, Obon Tabroni mempertanyakan, kenapa Disnaker tidak mengeluarkan surat. Apalagi tidak mengetahui kondisi riel di lapangan.

Menurut Obon, saat ini di Kabupaten Bekasi, PHK sudah terjadi. Terutama, di perusahaan yang bergerak di bidang otomotif.

“Sebenar-nya, sejumlah perusahaan di Kabupaten Bekasi sudah banyak yang merumahkan karyawana hingga melakukan PHK. Hanya saja, untuk sector tertentu saja, seperti industri otomotif,” terang Obon tanpa menyebutkan nama perusahaan tertentu. (dan)

Related Articles

Back to top button