Metropolis

Pencairan Dana Kompensasi belum Pasti

Warga Ancam Blokade TPST

Illustrasi Rupiah
Illustrasi Rupiah

RADARBEKASI.ID, BEKASI – Dana kompensasi Tempat Pembuangan Sampah Terpadu (TPST) Bantargebang dikabarkan akan diterima warga sebelum perayaan Hari Raya Idul Fitri 1441 H.

Namun, masih ada perbedaan informasi yang diterima pihak Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM) dengan unsur pemerintah tingkat kecamatan.

Ketua Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM) Cikiwul, Tholib S Hidayat menjelaskan informasi yang ia terima dana kompensasi berupa Bantuan Langsung Tunai (BLT) untuk warga triwulan I Januari-Maret akan dikucurkan Rabu (20/5) hari ini.

“Kabarnya dana BLT akan turun, Rabu (20/5) ini, dan akan langsung ditransfer ke warga melalui rekening masing-masing. Sedangkan, dana kompensasi bantuan sosial dan pengerjaan fisik, hari berikutnya, atau Kamis (21/5),” kata Tholib ketika dikonfirmasi Radar Bekasi.

Tholib menjelaskan, warga di wilayah Bantargebang memang menunggu ”Uang Bau” guna memenuhi kebutuhan jelang Hari Raya. Bahkan dirinya sudah menerima informasi akan adanya aksi warga jika dana tersebut tak kunjung diberikan.

“Yang saya dengar begitu, kalau dana tak cair sebelum lebaran warga bakal menggelar aksi di lapangan untuk menolak truk sampah DKI buang ke TPST. Tapi semoga saja pencairan ini sesuai dari kabar yang kami terima karena jika tidak ya khawatir aksi itu terjadi. Intinya, kabar yang saya dapat itu pencairannya sudah A1,” ungkapnya.

Terpisah, Sekretaris Camat (Sekcam) Bantargebang, Warsim Suryana lewat pesan WhatsApp justru memberikan pernyataan berbeda.

Ia belum bisa memberikan kepastian dana tersebut cair sebelum hari raya Idul Fitri. “Belum bisa dipastikan cair besok (hari ini), karena menurut informasi, dari DKI belum transfer ke Pemkot Bekasi,” singkatnya.

Sebelumnya, informasi pencarian dana kompensasi juga sempat dikabarkan mulai diterima warga pada 18 Mei 2020, namun hingga saat ini, kepastian itu belum diterima warga. (mhf)

Related Articles

Back to top button