BekasiBerita UtamaBisnis

Mall Akan Kembali Buka Setelah PSBB Berakhir

Sejumlah awak media duduk di depan tenant yang tutup di Summarecon Mall Bekasi sebelum dimulainya acara peninjauan kesiapan prosedur new normal oleh Presiden RI Joko Widodo, Selasa (26/5). Foto: Raiza Septianto

RADARBEKASI.ID, BEKASI – Pengelola pusat belanja menyampaikan mall akan kembali buka setelah Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di Kota Bekasi, berakhir.

Diketahui, sedianya PSBB tahap ketiga di Kota Bekasi berakhir 26 Mei 2020. Namun, diperpanjang hingga tahap keempat sampai 29 Mei 2020-menyesuaikan PSBB Provinsi Jawa Barat.

President Director PT Summarecon Agung Tbk Adrianto P. Adhi menjelaskan, Summarecon Mall Bekasi akan mulai beroperasi kembali secara bertahap setelah periode PSBB di Kota Bekasi, selesai. Rencananya, mall kembali mulai buka Senin, 8 Juni 2020.

Hal senada disampaikan oleh Direktur PT Metropolitan Land Tbk (Metland) Olivia Surodjo. Kini, jelas Olivia, pihaknya sedang melakukan persiapan prosedur new normal.

Diketahui, Metland telah menutup operasional tiga mall yakni Metropolitan Mall Bekasi, Grand Metropolitan dan Metropolitan Mall Cileungsi, karena virus Corona.

“Persiapan new normal sedang kita proses saat ini dan akan berlaku sejak kami buka lagi setelah PSBB Bekasi di cabut,” ujar Olivia.

“Yah kita sedang merangkum dari protokol kesehatan yang barusan keluar dari Kementerian Kesehatan sambil melengkapi kalau ada yang belum lengkap saat ini,” tukas Olivia.

Pimpinan Unit Metropolitan Mall Bekasi Amran Nukman HD menambahkan, pihaknya akan buka kembali mall sesuai dengan berakhirnya masa PSBB di Kota Bekasi.

“Untuk persiapan opening tentunya kami akan mengikuti protokoler new normal yang sudah dipersiapkan oleh pemerintah atau dinas terkait,” kata Amran.

Begitu juga di Revo Town Bekasi. Media Relation Revo Town Hylda Syifa menyampaikan, Revo Town akan kembali buka setelah masa PSBB di Kota Bekasi, berakhir.

“Kita ikut PSBB. Kan diperpanjang sampai 29 Mei. Jadi kita kemungkinan buka mall 30 Mei,” ujar Hylda.

Mega Bekasi Hypermall (MBH) dan Bekasi Cyber Park (BCP) pun sama. Dua mall dekat pintu tol Bekasi Barat ini akan beroperasi kembali setelah masa PSBB selesai.

“Rencananya tanggal 29 Mei,” ujar Perwakilan Manajemen MBH, Purwanto.

“Nunggu keputusan PSBB,” ujar Marketing Communication Head BCP Mela Sundari.

Ketua Asosiasi Pengelola Pusat Belanja Indonesia (APPBI) Bekasi Dzaelani menyampaikan, mall di Bekasi akan kembali mulai buka akhir Mei 2020.

“Tanggal 30 Mei 2020 (kembali mulai buka,red),” ujar Dzaelani.

Namun, dia menegaskan tak seluruh mal kembali buka pada tanggal tersebut. Hanya sebagian saja.

“Tidak semua. Mulainya tanggal 30 Mei, ada yang tanggal 5 Juni, ada juga yang 8 Juni,” kata Dzaelani.

Dzaelani belum dapat memastikan jadwal seluruh mall kembali buka. Pasalnya, masing-masing pengelola mall masih melakukan pembahasan termasuk persiapan new normal.

Sejak Maret 2020, puluhan mall di Bekasi tutup sementara sebagai wujud dukungan pemerintah untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19. Kendati demikian, untuk tetap dapat memenuhi kebutuhan pokok masyarakat di situasi yang sulit ini, tenant-tenant yang menyediakan kebutuhan tersebut, seperti supermarket, farmasi, dan lain-lain, tetap buka

“Ada 22 mall (tutup sementara),” tukasnya. (oke)

Close