BEKACITIZENPendidikan

Bertanding Pencak Silat sampai Korsel

Radarbekasi.id – Dadan Ramdhani merupakan pelajar prestasi. Pada 2019, remaja berusia 15 tahun ini mewakili Indonesia dalam ajang pertandingan Pencak Silat bertajuk Chungju World Martial Art Festival di Seongju, Korea Selatan (Korsel).

Penampilannya ketika itu menjadi pengalaman yang berharga bagi pelajar SMPN 33 Kota Bekasi tersebut. Ia berangkat ke Korea Selatan bersama kerabatnya yang juga terpilih sebagai perwakilan Indonesia. Dadan-begitu akrab disapa- bisa terpilih setelah melalui seleksi ketat yang dilakukan oleh Ikatan Pencak Silat Indonesia (IPSI) pada 2019.

“Aku melewati beberapa seleksi tingkat kota, kabupaten hingga nasional sampe akhirnya terpilih untuk pergi ke Korea Selatan,” tuturnya.

Berada di negeri orang selama 11 hari diakuinya sangat menyenangkan. Selain bisa menampilan kesenian tradisional ke kancah internasional, Dadan bisa menyaksikan secara langsung berbagai kesenian dari 11 negara dalam acara tersebut.

“Kesempatan ini gak terbayangkan di hidup aku, karena keaktifkan ku dalam Pencak Silat memang pure karena hobi. Enggak ada tujuan sampai bisa menampilkan ini ke negara orang,” ungkapnya.

Ketika di sana, Dadan tak ingin menyia-nyiakan kesempatan untuk berfoto dengan turis. Meski tak mahir berbahasa Korea Selatan, hal itu dilakukan sebagai bahan cerita dengan kerabatnya di tanah air.

Ia pun mengaku bersyukur Pencak Silat bisa membawanya sampai ke luar negeri. Dadan berharap, kedepannya bisa mengunjungi berbagai negara di dunia.

“Aku berharap banyak negara lain yang bisa dikunjungi, sehingga banyak pengalaman yang bisa aku dapatkan,” tukasnya. (dew)

Tags
Close