Bisnis

Lini TV Premium LG Resmi Meluncur

Bawa Peningkatan Visual dan Gaming

TV NanoCell

RADARBEKASI.ID, BEKASI – PT LG Electronics Indonesia (LG) resmi meluncurkan lini TV premiumnya di tahun ini. Dengan OLED dan NanoCell menjadi andalan, peningkatan visual melalui kecerdasan buatan dan perhatian lebih pada sektor gaming menjadi dua tawaran utamanya.

“Tak hanya hadir dengan dua kekuatan besar yang menjadi cermin fokus pengembangan LG, kami juga memberi sentuhan khusus pada TV yang menjadi bintang dari koleksi terbaru ini,” ujar Head of Product Marketing Home Entertainment PT LG Electronics Indonesia, Verina Widya, dalam keterangan tertulisnya.

Lebih lanjut ia menyatakan, bintang dari lini OLED terbaru hadir melalui model LG GX. Sebutan Gallery series pada model ini merujuk pada desain estetis TV OLED 65 inchi ini yang benar-benar dapat menyatu pada dinding, tanpa menyisakan jarak. Menempelnya TV pada dinding yang tanpa jarak berpadu dengan tipisnya bingkai layar, membuatnya seperti sebuah karya seni bahkan saat dalam keadaan tak aktif.

Sementara bintang pada seri NanoCell yaitu seri NANO99. Tersedia dalam pilihan dimensi layar 65 inchi dan 75 inchi, seri ini memiliki resolusi 8K. Yang membuat NANO99 berbeda dengan TV 8K lainnya, ada pada kemampuan memainkan konten 8K langsung dari HDMI maupun USB. Tak hanya itu, LG NANO99 bahkan memiliki kemampuan streaming konten mencapai 60FPS dengan sertifikasi kemampuan 8K 60P melalui HDMI.

“Tak sekedar mengandalkan resolusi 8K, NanoCell TV ini dibuat lengkap dengan kemampuan bersertifikat untuk kenyamanan visual penggunanya,” ujar Verina.

Bicara lebih dalam terkait peningkatan visual pada seluruh koleksi OLED TV dan NanoCell TV terbarunya ini, Verina menyatakan, hal ini tak dapat dilepaskan dari keberadaan prosesor terbarunya yaitu α (Alpha) 9 Gen 3 AI Processor. Menjadi pengembangan dari generasi sebelumnya, prosesor pintar ini memiliki peningkatan algoritma belajar mendalam (deep learning) yang memberinya kemampuan meningkatkan kualitas gambar dan suara.

Peningkatan ini dirancang untuk mengenali dan membedakan pengaturan pada berbagai genre konten untuk meningkatkan pengalaman menyaksikan konten film, acara olahraga, gaming dan lainnya. Keistimewaan performa prosesor ini mendapat dukungan dari kelengkapan konektivitas generasi terkini HDMI, termasuk eARC dan ALLM yang memberi kualitas audio tinggi. Bersanding dengan kelengkapan konektivitas terkini ini, LG menyediakan dukungan codec luas termasuk HEVC, VP9 dan AVI yang membuatnya mampu menangani konten YouTube maupun platform streaming utama lainnya.

Keseriusan LG dalam peningkatan pengalaman visual pun terlihat dari dukungan berbagai fitur untuk mengoptimalkan gambar pada tayangan. Tak hanya berlaku bagi keseluruhan, pengoptimalan visual pada generasi terbaru OLED TV dan NanoCell TV ini dibuat berdasarkan genre seperti film, olahraga maupun gaming.

Pada sisi pengalaman menyaksikan film misalnya, selain kolaborasi dengan Dolby Laboratories melalui benaman teknologi Dolby Vision IQ, LG juga menyediakan Filmmaker Mode. “Pemanfaatan mode ini membuat TV bekerja mengeliminasi proses memuluskan gambar. Hasilnya, tayangan film berjalan lebih dramatis sehingga pengguna dapat menyaksikannya sesuai dengan yang diharapkan pembuatnya,” ujar Verina.

Menambah lengkap kemampuan menghasilkan visual optimal, LG memberi kemampuan TV OLED dan NanoCell terbarunya ini untuk terhubung dengan penyedia layanan konten kelas dunia. Termasuk diantaranya untuk terkoneksi dengan Apple TV, Disney+ dan Netflix.

Tak hanya soal visual yang optimal, LG pun mengembangkan kedua lini TV premiumnya ini dengan NVIDIA G-SYNC Compatible. Keberadaan teknologi esensial bagi gaming ini membuat reproduksi grafis berjalan dengan lebih baik melalui adaptasi refresh rate TV dengan frame rate perangkat yang terhubung.

Tak hanya itu, TV OLED dan NanoCell LG juga dibuat mendukung HDMI VRR. Dukungan ini membuat LG sebagai pabrikan TV satu-satunya yang menawarkan kompatibilitas paling luas terhadap berbagai perangkat gaming seperti kartu grafis dan konsol.

“Kelengkapan berbagai teknologi dan fitur ini menjadikan pengguna hanya perlu satu TV sebagai media penampil. Baik untuk siaran sehari-hari, menikmati konten film maupun penggunaan untuk gaming berkualitas tinggi,” ujar Verina.

Optimal pada sisi visual dan gaming, koleksi TV premium LG 2020 ini juga dibuat dengan sentuhan khusus bagi penggemar tayangan olahraga. Pada jajaran TV OLED misalnya, pengguna bakal dapat melihat detail lebih banyak untuk berbagai aksi dalam pertandingan olahraga dengan kecepatan tinggi melalui kemampuan refresh rate 120 Hz. Lebih lanjut Verina menyatakan, dengan peresmian peluncuran ini maka peminat akan dapat menemui berbagai koleksi TV LG ini pada berbagai jaringan pemasaran, online maupun offiline. (bis)

 

Related Articles

Back to top button