Berita Bekasi Nomor Satu

Puting Beliung Mengamuk Rusak 13 Rumah di Serangbaru

Aparat desa dan petugas BPBD Kab Bekasi meninjau lokasi 13 rumah rusak di Serangbaru akibat puting beliung, Jumat (16/10) sore. Pra/Radar Bekasi.

CIKARANG SELATAN, RADARBEKASI.ID – Belasan rumah di RT 10/005, RT 12/06, dan RT 09/05, Kampung Pagadungan, Desa Jayasampurna, Kecamatan Serangbaru, Kabupaten Bekasi rusak diterjang angin puting beliung, Jumat (16/10), sekitar pukul 16.30.

Data Badan Penanganan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bekasi, mencatat sebanyak 13 rumah rusak. Dimana, tujuh rumah rusak ringan. Empat rumah rusak sedang. Dan dua rumah rusak berat. Akibatnya, 52 jiwa dari 13 Kepala Keluarga (KK) terdampak.

“Kalau semalem yang kita asismen itu ada 13 rumah yang rusak. Ini karena angin kencang dan hujan deras,” ujar Supervisor Pusdalops-Pb BPBD Kabupaten Bekasi, Gatot, kepada Radar Bekasi, Sabtu (17/10).

Menurutnya, satu dari 13 rumah yang rusak, mengalami rusak berat. Walaupun sebenarnya, ada dua rumah yang terdata mengalami rusak berat. Hanya saja, satu rumah lagi hanya mengalami hancur di sebagian (sebelah) rumah. Untuk saat ini, masih dalam proses perbaikan.

Selain belasan rumah rusak, kata Gatot, akibat kejadian angin puting beliung ini juga mengakibatkan banyak pohon yang tumbang dan menutupi ruas jalan. “Semalem kita merapikan dua pohon yang tumbang. Selebihnya, dibantu oleh warga dan pihak desa,” ucapnya.

Untuk sekarang dirinya menegaskan, pihaknya tidak membuka posko pengungsian bagi warga yang rumahnya rusak akibat amukan angin puting beliung ini.

“Posko pengungsi tidak ada, karena warga yang rumahnya rusak pada punya keluarga, maka untuk sementara tinggal di rumah saudara maupun anaknya,” ungkapnya.

Masih kata Gatot, sampai saat ini pihaknya belum bisa memastikan kerugian dari kejadian tersebut. Namun dirinya menduga, kerugian mencapai ratusan juta.

“Kerugian secara detail belum kita hitung, masih dalam proses. Tapi kemungkinan besar mencapai ratusan juta, karena banyak rumah yang rusak,” jelasnya. (pra)

Solverwp- WordPress Theme and Plugin