BolaOlahraga

Frustasi, Messi Tendang Bola ke Wasit

Kapten Barcelona Lionel Messi di antara pemain Alaves. Foto: fcbarcelona

ALAVES, RADARBEKASI.ID – Barcelona gagal menaklukkan tuan rumah Deportivo Alaves dalam pekan ke-8 La Liga di Estadio Mendizorroza, Minggu (1/11) dini hari WIB.

Meski Alaves bermain dengan sepuluh pemain sejak menit ke-62, Barca hanya mampu memaksakan hasil imbang 1-1.

Hasil tersebut membuat Barcelona kini berada di urutan ke-12 klasemen, dengan delapan poin (dua menang, dua imbang, dua kalah).

Blaugrana saat ini berjarak delapan poin dari Real Madrid yang berada di puncak klasemen La Liga dengan 16 poin setelah memainkan tujuh pertandingan.

Sementara Alaves berada di urutan ke-13 dengan delapan poin (dua menang, dua imbang, empat kalah).

Tampil mendominasi 79 persen penguasaan bola dan melepaskan tak kurang dari 25 percobaan tembakan sepanjang laga, tak cukup bagi Barcelona untuk memetik tiga poin penuh dari pertandingan itu.

Barcelona kecolongan lebih dulu pada menit ke-31 akibat blunder kiper Neto yang gagal mengendalikan umpan balik dari Gerard Pique dan bola direbut oleh Luis Rioja untuk membawa Alaves unggul.

Sejumlah peluang sebetulnya diciptakan oleh Barcelona sebelum gol itu, tetapi tendangan Lionel Messi bisa dihadang oleh bek tuan rumah Victor Laguardia yang berjaga di dekat tiang gawang.

Insiden terjadi pada menit ke-39, saat Messi terlihat jelas menendang bola ke arah Wasit Alejandro Hernandez.

Messi tampak frustrasi sebelum melakukan perbuatan tersebut. Hernandez hanya memberikan kartu kuning.

Namun, pandangan berbeda diungkap pakar perwasitan di Spanyol Juan Andujar Oliver. Menurut Oliver, dewa sepak bola asal Argentina itu seharusnya mendapat kartu merah langsung.

“Dia seharusnya diusir keluar lapangan, meski bola tidak mengenai Wasit Hernandez,” kata Oliver kepada Radio MARCA

“Dengan tindakan itu, dia ingin mengintimidasi wasit dan itu pantas mendapat kartu merah,” imbuhnya. Wasit sudah mengambil keputusan, cukup kartu kuning buat Messi.

Ketertinggalan 0-1 berusaha diatasi oleh Ronald Koeman dengan melakukan tiga pergantian pemain sekaligus saat turun minum. Ia mengirim masuk Miralem Pjanic, Pedri dan Trincao untuk menggantikan Sergio Busquets, Clement Lenglet dan Ousmane Dembele.

Barcelona lantas mendapat keuntungan ketika Jota menerima kartu kuning kedua karena pelanggarannya terhadap Pique dan tuan rumah harus melanjutkan pertandingan dengan sepuluh pemain sejak menit ke-62.

Semenit kemudian situasi sebelas lawan sepuluh bisa dimanfaatkan oleh Barcelona untuk menyamakan kedudukan lewat Antoine Griezmann yang memperdaya kiper Fernando Pacheco dengan tembakan cungkilnya.

Lantas Barcelona punya kesempatan bagus lewat sepakan melengkung bagus dari Messi, tetapi Pacheco melakukan aksi penyelamatan gemilang yang tak kalah gemilang untuk mengagalkan peluang tersebut.

Selanjutnya, dominasi Barcelona tak membuahkan hasil apapun kecuali satu poin sebab skor 1-1 ajek hingga peluit bubaran berbunyi.

Barcelona selanjutnya akan terlebih dulu menjamu Dynamo Kiev di Grup G Liga Champions pada Kamis (5/11) sebelum bertandang ke kandangnya Real Betis tiga hari kemudian, sedangkan Alaves baru tampil lagi pada Minggu (8/11) di kandang Levante. (jpnn)

Back to top button