BolaOlahraga

Southampton Permalukan Tuan Rumah Aston Villa

Penyerang Southampton Danny Ings (kiri) melakukan selebrasi bersama rekan-rekannya seusai mencetak ke gawang Aston Villa di Stadion Villa Park, Birmingham, Inggris, Minggu (1/11/2020). (ANTARA/REUTERS/POOL/Michael Steele)

INGGRIS, RADARBEKASI.ID – Southampton akhirnya berhasil membungkam tuan rumah Aston Villa dengan skor akhir 4-3. Southampton meredam kebangkitan Villa, pada laga pekan ketujuh Liga Inggris di Villa Park, Birmingham, Minggu (1/11) malam WIB.

Tim besutan Ralph Hasenhuettl itu unggul empat gol lebih dulu, tetapi hampir kehilangan dua poin akibat gelombang kebangkitan Villa di periode akhir pertandingan.

Bek tuan rumah Ezri Konsa sempat melesakkan bola ke gawang timnya sendiri saat berusaha menghalau sepak pojok James Ward-Prowse.

Gol itu dianulir oleh wasit Darren England dan VAR yang menilai Che Adams berdiri di posisi offside karena menghalang-halangi permainan.

Southampton akhirnya betul-betul membuka keunggulan pada menit ke-20 saat Jannik Vestergaard menanduk umpan tendangan bebas Ward-Prowse.

Ward-Prowse lantas melesakkan dua gol dari tendangan bebas langsung di area berbahaya pada menit ke-30 dan ke-45 untuk kian memperlebar keunggulan Southampton atas Villa.

Villa berusaha mengawali babak kedua dengan motivasi bangkit, tetapi kiper Alex McCarthy melakukan penyelamatan gemilang atas sundulan Trezeguet dan tandukan Jack Grealish.

Alih-alih, gawang Villa justru kebobolan lagi pada menit ke-58 saat Danny Ings melakukan tusukan sebelum melepaskan tembakan keras yang tak memberi kesempatan kiper Emiliano Martinez melakukan penyelamatan.

Kendati tertinggal empat gol, Villa belum patah semangat dan memperkecil ketertinggalan mereka dari situasi sepak pojok yang diakhiri sundulan Tyrone Mings pada menit ke-62.

Ings melesakkan bola ke gawang Villa lagi pada menit ke-73, tetapi untuk kedua kalinya di laga itu gol Southampton dianulir oleh wasit. Pada menit ketiga injury time tuan rumah mendapat hadiah tendangan penalti setelah pelanggaran Ibrahima Diallo di dalam area terlarang, yang mampu dimanfaatkan oleh Ollie Watkins untuk memperkecil ketertinggalan Villa 2-4.

Di menit terakhir injury time Grealish kembali mencetak gol, tetapi Villa tetap gagal menghindarkan diri dari kekalahan dalam skor akhir 3-4.

Kemenangan itu membuat Southampton melompat naik ke posisi ketiga klasemen dengan koleksi 13 poin, termasuk melewati Villa (12) yang turun ke urutan keenam, demikian catatan laman resmi Liga Inggris.

Kekalahan kedua beruntun membuat awal musim Villa yang tampak sempurna kini betul-betul berakhir, tetapi mereka berkesempatan memperbaikinya pekan depan saat bertandang ke markas Arsenal pada Sabtu (7/11).

Sedangkan Southampton berpeluang melanjutkan tren positif lima laga nirkalah saat menjamu Newcastle United pada Jumat (6/11).( jpnn)

Back to top button