Moto GPOlahraga

Suzuki Juara MotoGP 2020

Bintang Suzuki Ecstar Joan Mir mengunci gelar juara dunia MotoGP 2020. Dia finis di peringkat ketujuh MotoGP Valencia Minggu (15/11/2020). (Lluis Gene/AFP)

RADARBEKASI, VALENCIA-Bintang Suzuki Ecstar Joan Mir resmi menjadi juara dunia MotoGP 2020.

Pada GP Valencia yang berlangsung di Sirkuit Ricardo Tormo Minggu (15/11/2020), Mir memang hanya finis di peringkat ketujuh. Namun itu sudah cukup untuk mengunci gelar juara.

Tambahan sembilan poin membuat Mir mengoleksi 171 poin. Jumlah yang sudah tidak dikejar oleh seluruh pesaing.

MotoGP 2020 tinggal menyisakan satu seri yakni GP Portugal yang berlangsung di Autodromo Internacional do Algarve, Portimao pada 25 November. Apapun hasil dalam balapan itu, sudah tidak menentukan kontestasi menjadi juara dunia 2020.

Andai saja Fabio Quartararo (Petronas Yamaha), Alex Rins (Suzuki Ecstar), atau Maverick Vinales (Monster Energy Yamaha) menang hari ini. Lalu Mir tetap finis di peringkat ketujuh, maka balapan terakhir di Portugal akan menjadi penentu.

Namun, tiga pesaing itu gagal bersinar. Quartararo sudah jatuh dan gagal finis. Rins finis keempat. Sedangkan Vinales lebih buruk yakni finis di peringkat ke-10.

Franco Morbidelli dari tim Petronas Yamaha menjadi juara pada balapan hari ini. Dia bertarung sangat keras dan seru melawan Jack Miller (Pramac Ducati) pada lap terakhir.

Bagi Suzuki, ini adalah kemenangan pertama di MotoGP atau 500cc sejak 2000. Atau sejak pembalap asal Amerika Serikat Kenny Roberts, Jr menjadi kampiun. Sebuah hadiah yang hebat bagi Suzuki yang merayakan hari ulang tahun ke-100. (jpc)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

18 − six =

Back to top button