Berita Bekasi Nomor Satu

Siloam Hospitals Hadirkan Layanan Swab Covid-19 dengan Hasil Cepat dan Akurat

ILUSTRASI: Swab test. RAIZA SEPTIANTO/RADAR BEKASI
ILUSTRASI: Swab test. RAIZA SEPTIANTO/RADAR BEKASI

RADARBEKASI.ID, BEKASI – Siloam Hospitals menghadirkan tes molekuler isotermal di Indonesia. Tes ini merupakan metode terbaru deteksi Covid-19 dengan performa tinggi. Pengumpulan sampel untuk tes ini dilakukan melalui usapan (swab) nasofaring. Metode tes molekuler isotermal menggunakan amplifikasi asam nukleat isotermal, yang dapat menghasilkan waktu proses pemeriksaan lebih singkat dengan sensitivitas hasil tes 95,0 persen dan spesifisitas 97,9 persen.

“Dengan tersedianya layanan tes molekuler isotermal di jaringan rumah sakit kami di seluruh Indonesia, masyarakat akan semakin mudah untuk mendapatkan akses terhadap tes Covid-19 dengan performa tinggi,” ujar Wakil Presiden Direktur Siloam Hospitals Group, Caroline Riady, dalam keterangan tertulisnya.

Lebih lanjut dikatakannya, Siloam Hospitals Group bersyukur dapat terus melayani dan memastikan terpenuhinya kebutuhan kesehatan masyarakat Indonesia melalui penyediaan tes Covid-19 yang komprehensif mulai dari tes antibodi (rapid dan serologi), antigen (swab antigen), hingga molekuler (RT-PCR dan isotermal).

“Kami berharap masyarakat dapat memanfaatkan pilihan tes yang tersedia di jaringan rumah sakit kami untuk kesehatan dan keamanan bersama,” imbuhnya.

Performa tes dengan alat Abbott ID NOW™ ini telah terbukti secara global dalam penerapan uji Covid-19, khususnya dalam hal waktu proses pemeriksaan (lima menit untuk hasil positif dan 15 menit untuk hasil negatif). Tes molekuler isotermal tersedia di seluruh rumah sakit Siloam Hospitals Group mulai dari Rp999 ribu (minimum 10 orang). Selain digunakan untuk pasien dengan onset gejala kurang dari tujuh hari, tes ini sangat sesuai digunakan untuk kasus gawat darurat di IGD, tindakan operasi yang harus segera dilakukan, serta rawat inap. Dengan sifatnya yang portabel atau mudah dibawa, layanan tes molekuler isotermal pun tidak terbatas hanya di lingkungan rumah sakit saja.

“Bagi masyarakat yang sudah mulai berkegiatan dengan jumlah peserta terbatas, misalnya acara resepsi pernikahan, pertemuan sosial atau kantor, layanan tes ini juga dapat digunakan. Selain itu, kami juga menyediakan layanan tes di rumah (home care),” pungkas Caroline.

Hingga saat ini, Siloam Hospitals telah melakukan lebih dari 1.000.000 tes Covid-19 atau berkontribusi hampir 5 persen terhadap pangsa nasional dan merawat lebih dari 9.000 kasus terkonfirmasi positif. Penyediaan tes dengan metode baru ini diharapkan dapat memberikan kontribusi lebih lagi untuk mengatasi pandemi, termasuk mengakhiri pola penyebaran Covid-19 seefektif mungkin. (oke)

Solverwp- WordPress Theme and Plugin