Bisnis

400 UMKM Ramaikan UMKM BRIlian Preneur Export 2020

ILUSTRASI: UMKM. RAIZA SEPTIANTO/RADAR BEKASI.

RADARBEKASI.ID, BEKASI – Sebanyak 400 Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) terpilih meramaikan pameran industri kreatif bertajuk UMKM Export BRIlian Preneur 2020. Kegiatan ini berlangsung 1-15 Desember 2020 secara virtual.

Ratusan UMKM yang dihadirkan merupakan berorientasi ekspor, terdiri dari kategori fashion, home decor & craft, accessories & beauty dan food & beverage. UMKM tersebut telah melewati serangkaian proses kurasi dari delapan kurator profesional ternama Indonesia.

Direktur Utama BRI Sunarso menyampaikan peran UMKM di Indonesia sangat penting dalam membangun kekuatan dan menjadi penggerak ekonomi nasional. Menurutnya, sebagai bank yang memiliki fokus untuk pengembangan sektor UMKM, hingga saat ini Bank BRI telah membina pelaku UMKM Indonesia untuk mengikuti program naik kelas.

“Kita tahu bahwa produk kreasi UMKM Indonesia tidak hanya bernilai kreativitas dan ekonomi tetapi juga memiliki keunggulan kualitas yang dapat menembus pasar global. Program UMKM Export BRIlianpreneur 2020 ini merupakan salah satu strategi kami dalam memberdayakan UMKM Naik Kelas dan mempersiapkan pelaku usaha untuk memasuki pasar global dan kami siap membantu mereka dalam mengekspor produk,” ujar Sunarso, dalam keterangan tertulisnya.

UMKM Export BRIlian Preneur 2020 dihelat dengan konsep pameran hybrid. Yaitu, terselenggara dalam bentuk UMKM virtual exhibition & UMKM showcase melalui berbagai instalasi seni yang memikat. Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan wadah dan menampilkan hasil karya produk terbaik UMKM Indonesia serta mendorong peningkatan daya saing UMKM agar dapat menembus pasar internasional.

Baca juga: Pelaku UMKM Antusias Buka Usaha di Central Park Meikarta

Walaupun di masa pandemi, Bank BRI menyiasati gelaran UMKM Export BRIlian Preneur 2020 dengan konsep bazaar online yang dikemas menarik. Untuk menjangkau buyer internasional UMKM Export BRIlian Preneur 2020 dilengkapi dengan platform 3D Virtual Expo yang akan menampilkan produk UMKM dalam kemasan digital. Bank BRI telah melakukan promosi ke calon pembeli di luar negeri baik di USA, Kanada, Amerika Latin, Eropa, Asia, dan Timur Tengah.

Dengan diselenggarakannya kegiatan ini, Bank BRI berharap tetap dapat mengoptimalkan potensi ekspor produk UMKM dan peningkatan kapasitas baik produksi maupun kualitas pelaku UMKM.

“Dengan memanfaatkan momentum ini diharapkan UMKM Indonesia dapat bangkit melalui transformasi digital di masa pandemi dan produk Indonesia mampu menembus pasar global sehingga UMKM dapat meningkatkan transaksi ekspor Indonesia dan mendongkrak perekonomian nasional,” pungkas Sunarso. (oke)

Related Articles

Back to top button