Berita Bekasi Nomor Satu

Website Pasar BRI Mudahkan Belanja di Masa Pandemi

BERI PENJELASAN: Pemimpin BRI Kantor Wilayah Jakarta II Hendro Padmono (kiri), memberikan penjelasan mengenai website pasar melalui handphonenya kepada pengelola Pasar Baru Bekasi. EKO ISKANDAR/RADAR BEKASI
BERI PENJELASAN: Pemimpin BRI Kantor Wilayah Jakarta II Hendro Padmono (kiri), memberikan penjelasan mengenai website pasar melalui handphonenya kepada pengelola Pasar Baru Bekasi. EKO ISKANDAR/RADAR BEKASI

RADARBEKASI.ID, BEKASI – Bank BRI meluncurkan website pasar. Program digitalisasi ini sebagai bentuk dukungan perseroan agar pedagang tetap aktif berjualan di tengah pandemi Covid-19. Melalui laman https://pasar.id/ yang diakses melalui handphone, pembeli secara mudah menemukan berbagai kebutuhan rumah tangga cukup dalam genggaman tangan tanpa harus keluar dari rumah. Sehingga dapat menghindari risiko penyebaran virus Corona.

Peluncuran website pasar dilakukan oleh Pemimpin BRI Kantor Wilayah Jakarta II Hendro Padmono, Wakil Pemimpin BRI Kantor Wilayah Jakarta II Dewi, Pemimpin BRI Kantor Cabang Bekasi Juanda Anang Subagyo, bersama pengelola pasar dan perwakilan pedagang. Kegiatan ini berlangsung di Kantor Teras BRI Pasar Baru Bekasi, Kamis (3/12).

Hendro Padmono mengungkapkan, bahwa website pasar dihadirkan atas inspirasi BRI untuk mengatasi salah satu problematika adanya wabah Covid-19 ataupun kondisi darurat lainnya. Pada masa pandemi saat ini misalnya, masyarakat harus disiplin protokol kesehatan anjuran pemerintah. Antara lain tidak sering keluar rumah karena berisiko terpapar virus Corona.

Baca juga: 400 UMKM Ramaikan UMKM BRIlian Preneur Export 2020

Aktivitas di luar pun, termasuk di pasar semakin dibatasi dari adanya kebijakan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB). “Dari kondisi itu kami berusaha bagaimana pedagang masih bisa jualan dan pelanggan masih bisa mendapatkan barang dengan prokes tetap terjaga. Itulah kita ciptakan website pasar untuk mempertemukan pembeli dan penjual di dunia maya (virtual) atau tanpa tatap muka,” ungkap Hendro.

Selain itu, website pasar dihadirkan sebagai literasi untuk pembayaran secara digital. Sehingga dapat menjamin terhindar dari risiko mendapatkan uang palsu seperti pembayaran tunai. Pedagang juga tidak perlu repot menyediakan uang pecahan kecil untuk kembalian. Demikian bagi pembeli, tak perlu khawatir kurang kembalian karena belanjaan dibayar dengan tepat melalui transfer.

“Contoh misal belanjaan Rp97 ribu, uang Rp100 ribu itu kadang-kadang Rp3 ribu tidak ada kembalian. Kalau digital tulis aja Rp97 ribu, lalu transfer. Jadi, pedagang menerima untung, pembeli membayar secara utuh tanpa harus takut enggak ada kembalian. Pedagang tidak ada kewajiban menyediakan uang kecil untuk kembalian,” paparnya.


BERBINCANG: Pemimpin BRI Kantor Wilayah Jakarta II Hendro Padmono (kiri), didampingi Pemimpin BRI Kantor Cabang Bekasi Juanda Anang Subagyo, berbincang dengan salah satu pedagang Pasar Baru Bekasi yang sudah bergabung di website pasar. EKO ISKANDAR/RADAR BEKASI

Tak hanya itu, website pasar mampu menciptakan pelanggan baru para pedagang. Sebab, melalui daring ini pembeli dapat berasal dari berbagai wilayah. Hendro berpesan agar para pedagang mampu menjaga kepercayaan para pembeli. “Harus mengutamakan kualitas, agar pelanggan bisa terus kembali belanja di tempat bapak dan ibu,” ujarnya.

Keberadaan website pasar tidak hanya menguntungkan pedagang dan pembeli, tetapi juga membuka peluang lapangan kerja. Sebab, memanfaatkan tukang ojek sebagai kurir pengantar pesanan pembeli.

Kepala Unit Pasar Baru Bekasi Sofyan Ridwan mengatakan, pihaknya sangat menyambut baik kehadiran website pasar ini. “Kami mendukung, website ini membantu pedagang berjualan,” ungkap Ridwan.

Sejak diperkenalkan lima bulan lalu, hingga saat ini terdapat 60 dari 980 pedagang Pasar Baru Bekasi bergabung di website pasar. Pedagang lain yang ingin bergabung dapat mendatangi kantor BRI terdekat. (oke/adv)

Pedagang Sembako, Deddy Sanjani (48)

“Saya mulai gabung di website pasar tahun ini. Alhamdulillah omset saya bertambah. Di masa pandemi, website pasar sangat membantu jualan. Terima kasih BRI. Saya mengajak masyarakat belanja di website pasar karena praktis, aman, nyaman, dan efisien”

 

Pedagang Bakso, Darsono (58)

“Sejak masuk di website pasar sekitar 4 bulan lalu, omset saya bertambah terus. Sebelumnya saya sempat enggak jualan beberapa bulan karena pandemi, sepi. Dibantu BRI alhamdullillah semakin banyak pembeli, enggak cuma langganan lama tapi juga baru”

 

Alur Belanja

  1. Buka website https://pasar.id/
  2. Pilih pasar (Contoh: Pasar Baru Bekasi)
  3. Klik gambar pedagang, akan langsung terhubung ke chat Whatsapp admin
  4. Secara otomatis admin akan menyapa pembeli untuk meminta informasi nama pemesan, alamat, petunjuk alamat, nomor handphone, pesanan. Tercantum juga nomor rekening BRI untuk transfer pembayaran
  5. Admin meneruskan informasi pesanan pembeli dan mengkonfirmasi total biaya pesanan ke pedagang
  6. Pembeli transfer pembayaran ke admin
  7. Admin meneruskan pembayaran pesanan pembeli ke pedagang
  8. Pedagang menyiapkan pesanan pembeli
  9. Kurir akan mengantar pesanan ke alamat rumah pembeli

 

Website Pasar BRI di Bekasi

  1. https://s.id/PasarBabelanBekasi
  2. https://s.id/PasarTanahMerah
  3. https://s.id/PasarBaruBekasi
  4. https://s.id/PasarFamily
  5. https://s.id/PasarJamblang
  6. https://s.id/PasarVillaMutiaraGading
  7. https://s.id/PasarPoncolBekasi
  8. https://s.id/PasarBaruKranji
  9. https://s.id/PasarBantargebang
  10. https://s.id/PasarSeroja
  11. https://s.id/pasar-ampera-bekasi
  12. https://s.id/pasar-pondok-ungu-permai
  13. https://s.id/PasarRawabebek
  14. https://s.id/PasarRawaLumbu
  15. https://s.id/PasarBojong
  16. https://s.id/PasarWismaAsri

 

 

 

 

 

 

 

Solverwp- WordPress Theme and Plugin