Senang Mengurus Orang Sakit

Helda Dwi Oktaviani
Helda Dwi Oktaviani
Helda Dwi Oktaviani
Helda Dwi Oktaviani

RADARBEKASI.ID, BEKASI – Siswa kelas VI SDN Jatimakmur V Kota Bekasi bernama lengkap Helda Dwi Oktaviani ini memiliki pengalaman berkesan saat menjadi perwakilan sekolah dalam perlombaan dokter kecil (dokcil).

Pelajar berusia 12 tahun ini mengungkapkan, saat duduk dibangku kelas IV dirinya sudah aktif menjadi salah satu dokter kecil di sekolah. Merawat dan mengurus orang sakit memang sudah menjadi hobinya.


“Aku itu senang mengurus orang sakit. Jadi aku coba-coba ikut dokcil di sekolah,” ungkap Helda-begitu ia disapa.

Banyak hal yang dipelajari dengan menjadi dokcil. Antara lain mengenai cara Pertolongan Pertama Pada Kecelakaan (P3K) dan manfaatnya.


“Aku banyak belajar salah satunya apa itu dokcil, apa itu manfaatnya sampai bagaimana cara mengatasi orang sakit dan melakukan tindakan kepada orang yang membutuhkan penanganan pada kecelakangan,” tuturnya.

Pada saat dibangku kelas V, dirinya beserta ketiga temannya terpilih menjadi perwakilan sekolah untuk mengikuti perlombaan dokcil yang dihelat salah satu rumah sakit swasta di Kota Bekasi.

“Aku senang banget bisa ikut event ini, karena nantinya akan menjadi pengalaman yang sangat berharga untuk aku. Dalam event tersebut sekolah aku merupakan perwakilan sekolah negeri satu-satunya yang lolos,” jelasnya.

Dalam perlombaan, dirinya mempresentasikan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS). Dengan rasa gugup, ia tetap berusaha untuk percaya diri mempresentasikan materi tersebut.

“Aduh rasanya deg-degan banget karena banyak orang yang lihat dan nilai sama juri, tapi aku berusaha untuk tetap percaya diri,” ucapnya.

Dalam perlombaan tersebut, Helda berhasil membawa pulang beberapa kategori pemenang. Yaitu piala juara 1, piala juara harapan 3 dan piala peserta.

“Aku gak nyangka bisa dapet 3 piala, merasa bersyukur dan bahagia bisa bawa pulang piala ke sekolah,” ungkapnya.

Ia berharap suatu saat nanti cita-citanya menjadi seorang dokter dapat terwujud. Sebab menjadi impiannya sejak kecil dapat membantu dan menolong orang lain.

“Kalo ditanya sama guru apa cita-cita kamu, aku langsung jawab tegas. Cita-cita ku ingin menjadi dokter, karena menurut aku menolong orang adalah tugas mulia,” pungkasnya. (dew)