Berita Bekasi Nomor Satu

Uhamka Kirim Tim Medis dan Logistik Bantu Korban Gempa Sulbar

Tim medis Kampus Uhamka di depan posko bantuan bencana korban gempa Sulawesi Barat. Foto istimewa.
Tim medis Kampus Uhamka di depan posko bantuan bencana korban gempa Sulawesi Barat. Foto istimewa.

RADARBEKASI.ID, JAKARTA-Universitas Muhammadiyah Prof. DR. Hamka (Uhamka) mengirimkan tim medis dan logistik ke wilayah bencana gempa bumi di Sulawesi Barat (Sulbar). Mereka berangkat sejak Ahad (24/1/2021) dan akan bertugas melayani kesehatan para korban dan warga terdampak hingga 31 Januari mendatang.

Wakil Rektor IV Uhamka, Bunyamin mengungkapkan satuan tugas medis tersebut membawa misi kemanusiaan untuk memastikan kesehatan dan keselamatan para korban dan warga terdampak gempa di sana. ’’Pastikan saudara-saudara kita di Sulawesi Barat mendapatkan bantuan medis maupun logistic,” harapnya.

Satuan tugas medis Uhamka, sambung Bunyamin, akan selalu siap diterjunkan  ke daerah bencana lantaran mereka sudah memiliki kemampuan dan pengalaman dalam masalah kebencanaan.

Melalui Lazismu Uhamka, logistik dan alat-alat medis tersebut akan digunakan untuk melengkapi logistik dan tim medis yang sudah lebih dulu sampai di Sulawesi Barat melalui Muhammadiyah Disaster Management Center (MDMC).

Rahmawati selaku perwakilan Lembaga Penanggulangan Bencana Muhammadiyah atau yang biasa dikenal dengan MDMC mengungkapkan, MDMC telah melakukan pertemuan dengan Majelis Dikti PP Muhammadiyah. ’’Karena tim pelayanan kesehatan ini masih kurang, maka direkomendasikan untuk PTM yang memiliki fakultas kesehatan atau kedokteran dapat membantu melakukan pelayanan di Mamuju,” ungkapnya.

Sekretaris Uhamka Emaridial Ulza, menambahkan setelah mendapatkan surat dari MDMC dan informasi dari Majelis Diktilitbang PP Muhammadiyah, pihaknya bergerak dengan membentuk satuan tugas medis yang terdiri dari dua orang dokter. ’’Kami dibantu Adimas Euro Kurnia dan Leli Hesti Indriyati yang merupakan dosen Fakultas Kedokteran dan dua mahasiswa Fakultas Farmasi dan Sains yaitu Tossy Yoga Pratama serta Muhammad Ibadurrohman,’’ jelasnya, Kamis (24/1/2021).

Sesuai arahan dari tim medis MDMC, sambung dia, tugas kemanusiaan ini akan dilaksanakan mulai 24 hingga 31 Januari 2021. ’’Kami menyesuaikan saja. Sesuai dengan SOP dari MDMC, Yang pasti Uhamka siap terlibat langsung dalam penanganan bencana yang ada di Indonesia. Kami siap menjadi garda terdepan,’’ tandasnya. (rbs/*)


Solverwp- WordPress Theme and Plugin