Berita Bekasi Nomor Satu

AIESEC Beri Pengalaman Berkesan

Bela Riesti Fauziah
Bela Riesti Fauziah

RADARBEKASI.ID, BEKASI – Perempuan bernama lengkap Bela Riesti Fauziah ini memiliki pengalaman berkesan selama terjun dalam organisasi kampus Association Internationale des Etudiants en Sciences Economiques et Commerciales (AIESEC).

AIESEC merupakan platform bagi para pemuda untuk mengembangkan kepemimpinan atau leadership. Sejumlah program dilakukan untuk memenuhi 17 Sustainable Development Goals (SDGs).

“Setiap programnya akan berhubungan dan diprioritaskan di negara berkembang. 17 tujuan pembangunan yang dibentuk atau berasal dari PBB, pastinya untuk ketentraman dan keselamatan manusia maupun bumi,” ungkap mahasiswa semester 8 program studi Bimbingan dan Konseling Universitas Negeri Jakarta (UNJ) tersebut.

Dalam program itu, perempuan berusia 21 tahun ini berkesempatan untuk menjadi volunteer AIESEC serta guru relawan di India. Hal itu sesuai dengan SDGs nomor 4 tentang quality education yang dipilihnya.

“Di sanaaku diarahkan mengajar bahasa Inggris dan Matematika, tapi ketika sampai sana aku dibebaskan untuk memberi materi apa saja. Jadi aku lebih sering gunakan untuk mengajari mereka bahasa Indonesia dan memberitahu mengenai kebudayaan Indonesia kepada para siswa di sana,” tuturnya.

Organisasi tersebut juga memiliki acara seperti global cafe. Di mana anggota volunteer yang notabene dari negara non-India dapat mempresentasikan kebudayaan dari masing- masing negara melalui stand yang disediakan.

Saat itu dirinya menjadi volunteer selama tujuh minggu lamanya atau sekitar dua bulan kurang. Ia beradptasi dengan berbagai perbedaan kebudayaan yang ada di India.

“Awal excited banget, tapi sempat homesick juga. Tapi secara keseluruhan aku senang banget. Di mana aku belajar banyak hal bukan tentang gimana aku memberikan materi kepada mereka, tetapi bagaimana aku mendapatkan berbagai pelajaran dari mereka. Itu sih yang aku rasain,” ungkapnya.

Ia mengaku masih berkeinginan untuk menjadi volunteer. Namun mengingat waktu dan kesempatan yang belum ada, dirinya masih mengurungkan niat tersebut.

“Tapi jika waktu sudah memungkinkan tentu aku akan ikut lagi,” tukasnya. (dew)


Solverwp- WordPress Theme and Plugin