Berita Bekasi Nomor Satu

Bagi Rapor SMA/SMK Bareng

RAPAT: Dewan guru melaksanakan rapat pra kenaikan kelas di SMKN 1 Cikarang Selatan. ISTIMEWA
RAPAT: Dewan guru melaksanakan rapat pra kenaikan kelas di SMKN 1 Cikarang Selatan. ISTIMEWA

RADARBEKASI.ID, BEKASI – Pembagian rapor kenaikan kelas jenjang SMA/SMK akan dilaksanakan serentak pada 25 Juni 2021. Ketua Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) SMA Kabupaten Bekasi Didi Rosidi menjelaskan, pembagian rapor akan dilaksanakan pada 25 Juni 2021 sesuai kalender pendidikan.

“Kita melaksanakan sesuai dengan kalender pendidikan dan sepertinya semua sama,” ujarnya kepada Radar Bekasi, Senin (21/6).

Ia menjelaskan, kriteria kenaikan kelas siswa ditentukan oleh satuan pendidikan masing-masing. Tidak ada panduan secara khusus yang diberikan sekolah untuk proses kenaikan kelas.

“Kebijakannya diserahkan oleh pihak sekolah masing-masing, termasuk kriteria kenaikan kelas. Jadi tidak ada panduan untuk proses kenaikan kelas ini,” katanya.

Sementara di sekolahnya, SMAN 6 Tambun Selatan, ada beberapa kriteria dan poin penting untuk kenaikan kelas. Yaitu, sikap anak minimal baik dan nilai tiga mapel inti sesuai dengan jurusan tidak boleh di bawah KKM (Kriteria Kelulusan Minimal).

“Ini kebijakan yang sekolah saya buat. Untuk kebijakan sekolah lain pasti beda. Makanya sebelum kenaikan kelas ada sidang pleno buat dewan guru,” ucapnya.

Sidang pleno kenaikan kelas yang dihadiri oleh seluruh dewan guru biasanya akan dilakukan H-2 penerimaan rapor. Dalam sidang pleno ini akan ditentukan siswa naik atau tidak naik kelas.

“Dalam sidang pleno ini semua dibicarakan dan banyak pertimbangan yang akan dibicarakan juga, ini biasanya juga dilakukan pas mendekati pembagian rapor,” katanya.

Hal senada disampaikan Ketua MKKS SMK Kabupaten Bekasi Nopriandi. “Sama seperti SMA, kita juga akan membagikan rapor pada 25 Juni,” katanya.

Demikian juga dengan pleno akan dilaksanakan pada h-2 pembagian rapor. Terkait kriteria kenaikan kelas, menjadi kebijakan satuan pendidikan masing-masing.

Untuk sekolahnya, SMKN 1 Cikarang Selatan, 90 persen nilai KKM, kehadiran minimal 80 persen dan tidak memiliki SP3. (dew)

Solverwp- WordPress Theme and Plugin