Berita Bekasi Nomor Satu

Lolos Seleksi, 10 Siswa Lanjut ke Tingkat Provinsi

Kasi Peserta Didik SMP Disdik Kota Bekasi, Yunus
Kasi Peserta Didik SMP Disdik Kota Bekasi, Yunus

RADARBEKASI.ID, BEKASI- Kompetisi Olahraga Sains Nasional (KOSN) 2021 SMP tingkat Kota Bekasi telah selesai dihelat. Sejumlah 10 siswa dinyatakan lolos seleksi, lanjut ke tingkat provinsi.

Dikutip dari laman resmi Direktorat SMP Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek), KOSN merupakan sebuah kompetisi olahraga yang diselenggarakan oleh Pusat Prestasi Nasional (Puspresnas).

Tujuan diadakannya perhelatan ini adalah memberikan wadah dan apresiasi sesuai dengan minat dan bakat peserta didik dalam bidang olahraga, terutama adalah pendidikan karakter yang tertanam dalam nilai-nilai luhur olahraga yaitu fair play.

Di masa pandemi covid-19 ini, penyelenggaraan KOSN 2021 masih mengacu pada pelaksanaan KOSN 2020. Penyelenggaraan KOSN 2021 secara umum dilaksanakan melalui strategi daring.

Menimbang masih maraknya kasus penyebaran Covid-19 di Tanah Air, cabang olahraga yang dipertandingkan di KOSN tahun ini hanya Pencak Silat dengan nomor Jurus Tunggal dan juga Karate dengan nomor Kata Perorangan.

Untuk cabang olahraga Pencak Silat, setiap satuan pendidikan akan mengirimkan enam siswa putra dan putri untuk mengikuti KOSN, sedangkan cabang olahraga Karate satuan pendidikan mengirimkan 8 siswa putra dan putri.

Peserta akan merekam dan mengunggah video Jurus Tunggal Pencak Silat atau Kata Karate, lalu menyerahkannya kepada panitia penyelenggara. Tahapan seleksi KOSN 2021 untuk jenjang SMP terbagi menjadi 5 tahap.

Tahap pertama adalah seleksi oleh satuan pendidikan. Sekolah akan memilih perwakilan siswa terbaik yang akan diikutsertakan ke KOSN tingkat selanjutnya.

Untuk seleksi di tingkat kecamatan dan kabupaten/ kota, seleksi dilakukan oleh penyelenggara masing-masing tingkatan, namun berkoordinasi dengan dinas pengcab/ pengkab/ pengkot cabang olahraga. Pada tingkat kecamatan, pihak penyelenggara adalah KKGO/ MGMP PJOK, sedangkan pada tingkat kabupaten/ kota adalah dinas pendidikan.

Di tingkat provinsi, kompetisi diselenggarakan oleh Pusat Prestasi Nasional, Kemendikbudristek, berkoordinasi dengan induk cabang olahraga. Sebanyak 3 siswa dan 3 siswi (cabor Pencak Silat) serta 2 siswa dan 2 siswi (cabor Karate) terbaik akan melenggang ke tingkat nasional.

Seleksi tingkat nasional tetap diselenggarakan oleh Pusat Prestasi Nasional, berkoordinasi dengan induk cabang olahraga. Hasil pelaksanaan KOSN tingkat nasional ditetapkan melalui surat keputusan Pusat Prestasi Nasional Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi yang mana surat keputusan tersebut menerangkan tentang peserta yang mendapatkan medali emas, perak dan perunggu pada masing-masing cabang olahraga.

Kepala Seksi Peserta Didik SMP Dinas Pendidikan Kota Bekasi Yunus menjelaskan, KOSN tingkat Kota Bekasi telah berlangsung Juni 2021. 10 siswa dinyatakan lolos seleksi untuk melaju ke tingkat provinsi.

“6 siswa bidang Pencak Silat dan 4 siswa bidang Karate,” jelas Yunus kepada Radar Bekasi, Kamis (22/7).

Pendaftaran dan unggah video peserta KOSN tingkat provinsi berlangsung pada Juli 2021 ini. Sedangkan pelaksanaannya akan berlangsung pada Agustus 2021 mendatang.

“Untuk tanggal pelaksanaan belum ditetapkan,” kata Yunus. (dew/oke)

Solverwp- WordPress Theme and Plugin