Pendidikan

Siswa Baru Tetap Wajib Pilih Ekskul

UNJUK KEBOLEHAN
UNJUK KEBOLEHAN: Sejumlah siswa anggota ekstrakurikuler SMP Islam Al Azhar 31 Summarecon Bekasi unjuk kebolehan.

RADARBEKASI.ID, BEKASI -Siswa baru tahun ajaran 2021/2022 di sekolah Kota Bekasi tetap wajib memilih ekstrakurikuler (ekskul) sesuai minat dan bakat, meskipun kegiatannya dilaksanakan secara daring.

Kepala SMPN 1 Kota Bekasi Muktia Wahyudi Isra mengatakan, pihaknya menyampaikan beberapa ekskul saat kegiatan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) secara daring.

“Untuk peminatan ekstrakurikuler masih tetap kita sampaikan dan siswa juga wajib memilih,” ujarnya kepada Radar Bekasi, Selasa (3/8).

Di SMPN 1 Kota Bekasi terdapat 17 macam ekskul pilihan. Yakni Paskibra, Karya Ilmiah Remaja, Pramuka Inti, Futsal, Marawis, Basket, Cheerleader, Paduan Suara, Tari Daerah, Taekwondo, Pencak Silat, Bulutangkis, Angklung dan Degung, Saman, Palang Merah Remaja, Study Club, Ansambel. Sementara, Pramuka menjadi ekskul wajib.

Menurutnya, ekskul akan tetap dilaksanakan sampai batas waktu yang belum bisa ditentukan. “Masih daring sampai kondisi benar-benar sudah normal,” katanya.

Hal senada disampaikan Wakil Kepala SMAN 7 Kota Bekasi Bidang Kurikulum Acep. Menurutnya, terkait pemilihan ekstrakurikuler wajib dilakukan oleh siswa.
“Tetap wajib memilih ekskul karena pelaksanaannya tetap berjalan meskipun secara daring,” katanya. Di sekolah ini terdapat beragam ekskul, namun Pramuka tetap menjadi pilihan wajib.
Lebih lanjut, Acep menambahkan, ekskul dapat menjadi wadah bagi anak untuk menyalurkan energi dan kreativitas dengan cara yang positif.

“Wajib karena sekolah memberikan wadah agar siswa tetap bisa melaksanakan kegiatan positif,” terangnya.

Oleh karena itu, pandemi jangan menjadi salah satu alasan ekskul sekolah terhenti. “Jangan sampai pandemi ini jadi alasan kegiatan minat bakat siswa terhenti. Makanya siswa masih dapat memilih dan sekolah juga tetap mendata siswa yang ingin tergabung di salah satu ekskul di sekolah,” pungkasnya. (dew)

 

Related Articles

Back to top button