Berita Bekasi Nomor Satu

STMIK Al Muslim, Solusi Cerdas Kuliah dan Kerja

Oleh: SUMARNO, S.E., M.M.

Dosen STMIK Al Muslim

RADARBEKASI.ID, BEKASI – Perkembangan dunia teknologi informasi berkembang sangat pesat, hal ini berimplikasi pada sektor kehidupan manusia. STMIK Al Muslim hadir  dan berdiri kokoh untuk memberikan  jawaban akan kebutuhan masyarakat Bekasi dan sekitarnya serta dunia usaha pada khususnya.

Kondisi masyarakat Kabupaten Bekasi sangat heterogen hal ini dipicu oleh keadaan  geografis sebagai penyangga ibu kota negara RI . Pembangunan yang pesat di berbagai sektor usaha atau industri  menuntut  kebutuhan sumber daya yang berkualitas terutama sumber daya manusia yang dihasilkan melalui suatu pendidikan yang proporsional dan berkualitas.

STMIK Al Muslim hadir untuk menghasilkan sumber daya manusia yang berkualitas dan berkarakter. Dunia usaha menuntut sumber daya manusia yang mempunyai keterampilan dan pengetahuan serta berkarakter. Salah satu modal usaha ini mempunyai nilai yang sangat signifikan dalam mendukung kinerja perusahaan.

Bidang usaha yang bisa menempatkan sumber daya manusia secara proporsional akan menciptakan  suatu kondisi dimana tujuan usaha akan tercapai secara optimal. Para pemangku kepentingan  khususnya sektor  usaha, sangat sadar akan kebutuhan tersebut di atas sehingga efektifitas dan efisiensi sumber-sumber daya yang ada  akan mendukung tujuan utama usaha atau perusahaan.

Dunia usaha sudah lebih berkembang pesat dibidang teknologi informasi. Sanggupkah dunia akademis menjawab kebutuhan tersebut sehingga perkembangan dunia usaha akan berbanding lurus dengan dunia akademis?. Ini merupakan sebuah tantangan sekaligus peluang bagi dunia akademis untuk menghadirkan output atau lulusan yang mempunyai kompetensi  yang benar-benar dibutuhkan dunia usaha atau industri.

Yayasan Al Muslim sigap menangkap peluang ini dengan melakukan pembenahan untuk bisa hadir, memberikan pelayanan kepada masyarakat Bekasi & sekitarnya . Yayasan Al Muslim telah hadir lebih dari 40 tahun melalui jenjang pendidikan dasar dan menengah. Khususnya Pendidikan Tinggi telah hadir lebih dari 18 tahun yang lalu dengan berdirinya AMIK Al Muslim.

Dengan program Diploma atau D3,  jurusan  Manajemen Informatika dan Komputerisasi Akuntansi, AMIK Al Muslim telah menghasilkan lulusan yang mempunyai kompetensi di bidangnya. Sebagian besar terserap di dunia usaha atau industri khususnya di Bekasi dan sekitarnya serta di Indonesia pada umumnya.

Disamping itu dengan dibekali keterampilan di bidang kewirausahaan banyak lulusan yang mampu menciptakan usaha dan lapangan pekerjaan sendiri. Pengalaman dalam pendidikan tinggi  serta VISI menjadi perguruan tinggi yang terdepan dalam mutu karena kemampuannya menghasilkan sumber daya yang berkualitas serta senantiasa memenuhi dunia usaha serta MISI  melaksanakan pembangunan manusia seutuhnya (IPTEK yaitu ilmu pengetahuan dan  teknologi & IMTAQ yaitu iman dan taqwa) dengan berlandaskan kepada Alquran.

Melaksanakan kegiatan pendidikan, pelatihan, penelitian dan pengabdian pada masyarakat dengan perhatian khusus pada bidang komputer serta perkembangan kemajuan teknologi informasi dengan memperhatikan keperluan pihak–pihak yang berkepentingan. Sadar akan kebutuhan dan tuntutan perlunya lembaga pendidikan berkualitas yang berorientasi pada pengembangan fitrah manusia baik fitrah jasadiah maupun ruuhiyah dan fungsi manusia baik sebagai hamba Allah maupun sebagai khalifah Allah, Yayasan  Al Muslim dengan rasa percaya diri menaikan status Akademi Manajemen Informatika menjadi  STMIK (Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer) Al Muslim dengan program Sarjana (S1), tepatnya pada 10 Maret 2021.

Pilihan Program Studi Teknik  Informatika  program sarjana (S1), Manajemen Informatika program Diploma  (D3) , Komputerisasi Akuntansi untuk  Program Diploma (D3). STMIK  Al Muslim memberikan fleksibilitas dalam hal waktu melalui kelas pagi, kelas malam dan kelas sif.

Dengan pengalaman mengelola Pendidikan Tinggi STMIK Al Muslim mempunyai nilai  keunggulan sebagai pembeda dengan perguruan tinggi lain. Keunggulan  STMIK  Al Muslim Bekasi: Program studi terakreditasi BAN  PT, waktu kuliah singkat hanya 2 tahun, Kurikulum ter-update sesuai  dengan kebutuhan pasar industri, tenaga pendidik atau dosen profesional (praktisi dan akademisi), biaya kuliah terjangkau dan dapat diangsur, waktu belajar sangat fleksibel (bagi karyawan), tersedia beasiswa, gedung milik sendiri, fasilitas lengkap dan internet gratis, lingkungan belajar yang sangat kondusif, fasilitas olah raga yang lengkap serta tempat parkir luas dan aman.

Dalam mendukung Merdeka Belajar dan Kampus Merdeka, STMIK Al Muslim juga bekerjasama dengan berbagai perguruan tinggi ternama. Dengan keunggulan tersebut merupakan nilai lebih bagi  masyarakat.

Oleh karena itu sangat tepat dengan tekad menjadikan STMIK Al Muslim “Menjadikan Pusat Pendidikan Vokasi Yang Unggul  dalam Bidang Sistem Informasi dan Komputer”. Dengan motto Create Creative, Confident & Caring Generation, STMIK Al Muslim bertekad menciptakan sebuah generasi yang dapat memberikan kontribusi  bagi peradaban di masa yang akan datang . Ini merupakan merupakan esensi dari upaya yang harus dicapai  dan dalam rangka menegaskan identitas Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer Al Muslim yang sesungguhnya.

Oleh karena itu tekad tersebut juga berfokus pada penyediaan ruang bagi audiens untuk membangun asumsi bahwa Yayasan Al Muslim dengan keberadaan STMIK Al Muslim, benar–benar memahami  keperluan  untuk membentuk sebuah generasi karena dimasa depan akan banyak melibatkan kreatifitas, rasa percaya diri dan kepedulian  terhadap sesama  untuk dapat bersaing dalam kehidupan nyata.

Maka dari itu Yayasan Al Muslim dengan hadirnya STMIK Al Muslim  merupakan sebuah titik awal untuk melakukan sebuah kebaikan yang diperintahkan–Nya yaitu dengan menimba ilmu dan mengamalkannya. Hal ini direpresentasikan salah satu sudut Ka’bah yang paling utama yaitu Hajar Aswad. Sudut ini merupakan titik awal para jamaah Haji untuk melakukan thawaf. Yayasan Al Muslim sebagai suatu induk dari ekosistem pendidikan berbasis teknologi  merupakan suatu identitas, dimana  ilmu pengetahuan dan teknologi  dalam perspektif Alquran diberikan kepada manusia sebagai bekal untuk menjalani kehidupan. Dengan mengadaptasikan karakter yang dimiliki generasi muda saat ini, generasi yang kreatif dalam berinovasi, giat dalam  berusaha  dan peduli terhadap sesama manusia. Hal ini tercerminkan pada logo STMIK Al Muslim .

Sekolah Tinggi Manajemen Informatika  dan  Komputer  (STMIK) Al Muslim, sebelumnya bernama Akademi Manajemen Informatika  dan Komputer (AMIK) Al Muslim beralamat  di Jalan Raya Setu  Kampung Bahagia Tambun Selatan Bekasi, merupakan salah satu Perguruan Tinggi unggul di Bekasi dan sangat tepat sebagai suatu  tujuan utama untuk menjadikan pilihan tempat utama  menimba ilmu pengetahuan dan teknologi, terutama teknologi informatika. (*)

 


Solverwp- WordPress Theme and Plugin