Berita Bekasi Nomor Satu

Merayakan HUT ke-76 RI, Sekolah Helat Lomba secara Daring

TUNJUKKAN KARYA: Siswa SDN Jatimakmur V Kota Bekasi menunjukkan karya hasil lomba menggambar. ISTIMEWA
TUNJUKKAN KARYA: Siswa SDN Jatimakmur V Kota Bekasi menunjukkan karya hasil lomba menggambar. ISTIMEWA

RADARBEKASI.ID, BEKASI – Dalam rangka merayakan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-76 Republik Indonesia (RI), sejumlah sekolah di Bekasi menghelat lomba secara daring. Terdapat berbagai macam lomba yang diikuti oleh para peserta didik.

Pandemi Covid-19 yang masih terjadi hingga memasuki HUT ke-76 RI pada 17 Agustus 2021 tak menyurutkan satuan pendidikan untuk mengadakan lomba bagi siswanya. Meskipun dihelat secara daring, siswa antusias mengikuti lomba dari rumahnya.

Kepala SMPN 2 Kota Bekasi Rudi Winarso mengatakan, dalam rangka memperingati HUT ke-76 RI pihaknya tetap menghelat perlombaan bagi peserta didik. Di tengah pandemi ini, lomba dilaksanakan secara daring agar dapat mencegah penularan Covid-19.

“Kami tetap mengadakan perlombaan secara online yang diikuti oleh seluruh siswa,” ungkapnya kepada Radar Bekasi, Selasa (17/8).
Terdapat tiga jenis perlombaan yang diadakan oleh sekolah di Jalan Chairil Anwar Margahayu Bekasi Timur tersebut. Yakni, panjat pinang, poster digital, dan heroes photo.

Lomba dihelat secara bertahap mulai 17 sampai 27 Agustus 2021. Agar siswa semangat dalam mengikuti lomba dari rumahnya, pihak sekolah menyediakan hadiah menarik berupa uang tunai dan sertifikat.

“Semua hasil perlombaan dikirimkan secara online dan kami juga memberikan reward biar siswa semangat mengikuti perlombaan,” katanya.

Lomba secara daring juga diadakan oleh SMAN 1 Cibitung. Antara lain, lomba cipta puisi perjuangan, membaca puisi perjuangan, menulis esai perjuangan. Dalam teknis lomba, siswa sebagai peserta harus mengirim karya tulis dan video kepada panitia.

“Perlombaan ini sudah dimulai sejak 8 Agustus dan terakhir pengumpulannya 16 Agustus, tinggal menunggu penilaiannya saja,” jelas Kepala SMAN 1 Cibitung Sayuti.

Menurutnya, hampir seluruh siswa mengikuti perlombaan yang diadakan di sekolah. Ia mengungkapkan, sekolah memiliki kewajiban memupuk dan menumbuhkan semangat juang, cinta tanah air, nasionalisme, patriotisme dan perjuangan sejarah bangsa ke generasi penerus.

“Kita wajib memupuk semangat siswa, jadi meskipun tidak ada perlombaan secara langsung. Event perlombaan secara online harus tetap berjalan,” ungkap Sayuti.

Memeriahkan HUT ke-76 RI dengan perlombaan juga dilakukan oleh SDN Jatimakmur V Kota Bekasi. “Kami tetap mengadakan perlombaan bagi siswa kelas 1 sampai 6, ini untuk memberikan semangat kemerdekaan kepada siswa,” ungkap Guru SDN Jatimakmur V Kota Bekasi Zaenal.

Lomba yang diadakan seperti menyanyi dan mewarnai diikuti siswa kelas 1,2, dan 3 serta lomba gambar bercerita, mendongeng, dan kuis pengetahuan diikuti siswa kelas 4,5, dan 6. Perlombaan sudah berlangsung sejak 10 -18 Agustus 2021.

“Semua dapat mengikuti perlombaan, sesuai dengan kategori lomba yang ada,” pungkasnya. (dew)


Solverwp- WordPress Theme and Plugin