Berita Bekasi Nomor Satu

MKKS SMK Kabupaten Bekasi Garap Aplikasi Penelusuran Alumni

Ketua MKKS SMK Kabupaten Bekasi Nopriandi
Ketua MKKS SMK Kabupaten Bekasi Nopriandi

RADARBEKASI.ID, BEKASI – Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) SMK Kabupaten Bekasi tengah menggarap aplikasi Tracer Study. Aplikasi ini nantinya dapat digunakan oleh seluruh SMK negeri maupun swasta untuk melakukan penelusuran alumni.

Ketua MKKS SMK Kabupaten Bekasi Nopriandi mengungkapkan, aplikasi ini kemungkinan menjadi yang pertama diluncurkan oleh MKKS Kabupaten Bekasi.

Ia menjelaskan, aplikasi ini dirancang untuk mendata secara akurat penelusuran alumni dalam hal keterserapan dunia kerja, perguruan tinggi dan berwirausaha.

“Dengan adanya aplikasi ini, tentu kami sekolah tidak perlu bingung lagi untuk mendata siswa yang sudah lulus. Berapa persen yang lanjut pendidikan, kerja atau yang berwirausaha,” jelasnya kepada Radar Bekasi, Kamis (19/8).

Lebih lanjut dikatakan Nopriandi, aplikasi itu dapat digunakan oleh 15 SMK negeri dan 174 SMK swasta di Kabupaten Bekasi. Aplikasi itu antara lain dapat menjadi bahan evaluasi oleh satuan pendidikan. Misalnya terkait tingkat keterserapan lulusan SMK di dunia kerja.

“Dengan data yang akurat akan menjawab apakah benar siswa SMK penyumbang pengangguran terbesar. Insya allah aplikasi ini bisa menjawab sesuai dengan fakta data yang ada,” terangnya.

Rencananya, aplikasi itu akan diluncurkan dalam jangka waktu satu sampai tiga bulan kedepan. Saat ini, aplikasi itu masih digarap oleh tim Information and Communication Technology (ICT) MKKS SMK Kabupaten Bekasi.

“Aplikasi ini masih dalam penggarapan tim ICT MKKS Kabupaten Bekasi, semoga dalam waktu dekat bisa rilis,” pungkasnya. (dew)


Solverwp- WordPress Theme and Plugin