BEKACITIZEN

Iman dan Amal Shaleh

Oleh : M. Shalahuddin, S.S.I, M.Pd, Ketua MUI Cikarang Barat/Kepala SDIT Nurul Fajri

M. Shalahuddin, S.S.I, M.Pd, Ketua MUI Cikarang Barat/Kepala SDIT Nurul Fajri

RADARBEKASI.ID, BEKASI – Sungguh, orang-orang yang beriman dan beramal shalih adalah sebaik-baik makhluk Allah (Al Bayyinah : 7).

Dalam Al Qur’an ada dua kata yang selalu beriringan, yaitu iman dan amal shaleh. Hal ini tentunya mengisyaratkan pesan penting untuk kita semua. Amal shaleh seseorang tidak akan tercatat sebagai amalan jika tidak didasari oleh keimanan yang ada di dalam hati. Begitupun keimanan seseorang akan dipertanyakan atau malah diragukan jika tidak berbuah amal shaleh. Iman dan amal shalih adalah dua hal yang tidak dapat dipisahkan, ibarat seperti 2 (dua) sisi mata uang, kalau tidak ada salah satunya maka tidak akan berarti keberadaannya, begitu juga dengan iman dan amal shalih apabila tidak ada salah satunya maka tidak akan berarti apa-apa.

Iman memegang peranan penting dalam kehidupan yang menunjukan arah dan membantu memberikan makna terhadap berbagai peristiwa yang dihadapi, iman adalah rujukan mutlak yang memberikan kepada kita kepastian, tanpa iman manusia akan terombang-ambing dalam gelombang kehidupan, ia akan menjadi orang yang oportunis dan pragmatis dalam menghadapi persoalan kehidupan, ini karena tidak mempunyai pegangan yang menunjukkan arah dan jalan.

Sedangkan amal shalih adalah perwujudan dan aktualisasi dari keimanan seseorang dengan berbuat baik (amal shalih), baik yang berhubungan dengan Allah (hablum min Allah) berupa ibadah-ibadah mahdhah maupun yang berhubungan dengan manusia (hablum min Annas) berupa ibadah-ibadah ghairu mahdhah (sosial).

Sebagai agama yang sempurna, Islam sangat memperhatikan bukan hanya hal-hal yang berhubungan dengan Allah SWT secara vertikal, tetapi juga yang berhubungan dengan sesama manusia secara horizontal. Hal ini terlihat dari doktrin iman dan amal shaleh. Kedua konsep ini merupakan satu kesatuan yang tidak dapat dipisahkan, iman tanpa amal itu hampa sedangkan amal tanpa iman itu percuma. Iman adalah fondasi sedangkan amal adalah implementasi. Seorang manusia sempurna adalah manusia yang teguh imannya dan banyak amal shalehnya.

Seorang mukmin yang cerdas akan berusaha memaksimalkan jatah umurnya dipenuhi dengan amal shaleh yang pahalanya terus mengalir tanpa henti. Semoga kita semua menjadi makhluk terbaik di sisi Allah SWT. Amiiin.
Wallahu A’lam Bis Shawab. (*)

Related Articles

Back to top button