Kepala Sekolah Ujung Tombak Kesuksesan Satuan Pendidikan

Nopriandi, Ketua MKKS SMK Kabupaten Bekasi
Nopriandi, Ketua MKKS SMK Kabupaten Bekasi

RADARBEKASI.ID, BEKASI – Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) SMK yang diketuai oleh Nopriandi berusaha menjalankan program organisasi dengan baik. Setiap program yang dijalankan merupakan ide dari para kepala sekolah.

MKKS SMK Kabupaten Bekasi memiliki program kerja jangka pendek, jangka menengah dan jangka panjang. Setiap program kerja disusun sesuai dengan kebutuhannya.


“Program-program yang kami jalankan selalu dilakukan dengan diskusi terlebih dahulu. Jabatan kami sebagai kepala sekolah adalah ujung tombak bagi kesuksesan dan kemajuan di setiap sekolah masing-masing, makanya apapun programnya sebisa mungkin kita jalankan bersama agar kemajuannya juga bisa dirasakan bersama,” ujarnya kepada Radar Bekasi, Sabtu (25/9).

Adapun program jangka pendek yang ditetapkan, antara lain pembekalan kepala sekolah terkait penggunaan dana bantuan operasional sekolah (BOS), bantuan pendidikan menengah universal (BPMU), dan bantuan operasional pendidikan daerah (BOPD). Pembekalan penting diberikan agar bantuan dapat tepat sasaran.


Sementara program jangka menengah, antara lain pembentukan divisi program seperti divisi IT yang menangani bidang teknologi informasi seperti membuat aplikasi yang dapat memudahkan dan membantu kerja di setiap sekolah, divisi akademik bertugas membuat inovasi pembuatan media pembelajaran, divisi kesiswaan menangani inovasi dari siswa untuk terus dikembangkan menjadi karya ilmiah.

“Kami membangun divisi ini agar program kerja yang terbentuk berjalan dengan lebih tertata,” ucapnya.

Sedangkan program jangka panjang berupa pembuatan aplikasi Tracer Study yang saat ini sedang dibuat. Aplikasi ini nantinya dapat digunakan oleh seluruh SMK negeri maupun swasta untuk melakukan penelusuran alumni.

“Kita ingin yang maksimal untuk sekolah masing-masing dan kita ingin sekolah kami ini sama-sama maju. Maka, sebisa mungkin kita selalu ingin membuat terobosan-terobosan baru untuk mempermudah kerja kami sebagai kepala sekolah. Nantinya program jangka panjang ini bisa digunakan bagi kepengurusan baru yang akan datang,” tuturnya.

Nopriandi berharap, kepengurusan MKKS saat ini dapat terus berinovasi membangun sistem kerja serta lebih baik dalam menjalankan tugasnya sebagai kepada sekolah. Selain itu, dirinya berharap para pengurus maupun anggota dapat terus kerja sama dan memiliki solidaritas yang tinggi terhadap organisasi profesi ini.

“Kita ingin setiap masalah adalah solusinya, maka kita membangun kekeluargaan yang harmonis melalui MKKS agar apa yang menjadi masalah di sekolahnya masing-masing dapat kita pecahkan bersama-sama,” pungkasnya.

Ingin Selalu Bermanfaat bagi Orang Banyak
Lelaki berusia 46 tahun ini senang dalam berinovasi. Tak hanya dalam dunia pendidikan, tetapi juga di lingkungan sekitar tempat tinggalnya.
Nopriandi mengaku, sejak kecil selalu ingin berinovasi. Dirinya merasa senang ketika dapat menciptakan sesuatu hal baru yang dapat bermanfaat bagi orang banyak.

“Tidak tahu kenapa ketika saya bisa berinovasi, mengembangkan sesuatu hal yang baru, saya selalu senang. Kenapa senang? karena saya selalu melihat senyuman di dalam setiap orang yang mendengar atau merasakan suatu kemanfaatan dari inovasi yang saya berikan,” tutur lelaki yang menjadi penasehat RW di lingkungan tempat tinggalnya ini.
Sebagai Aparatur Sipil Negara (ASN), Nopriandi memiliki harapan dapat mengimplementasikan profil pancasila terkait dimensi, bernalar kritis dan dimensi gotong royong.

Kedepan, dirinya juga berharap dapat terus berinovasi agar orang-orang di sekelilingnya bahagia. Baginya, kebahagian orang lain akan menjadi kebahagian bagi dirinya sendiri ketika salah satu hal dapat bermanfaat bagi orang banyak.

“Ketika orang bahagia maka secara otomatis kita juga akan bahagia, nggak tahu kenapa itu selalu tertanam dalam pikiran saya. Ke depan saya hanya berharap, saya selalu bisa bermanfaat bagi orang banyak,” pungkasnya. (dew)

BIODATA
Nopriandi
Lahir: Bekasi, 11 November 1975
Pendidikan:
• SDN 01 Kebalen Kabupaten Bekasi (1989)
• SMPN 01 Babelan Kabupaten Bekasi (1992)
• SMA PGRI 1 Kota Bekasi (1995)
• S1 Teknik Elektro Universitas Muhammadiyah Jakarta (2000)
• S2 Ilmu Komputer Universitas Esa Unggul (2013)
• S2 Manajemen SDM STIE Indonesia School Of Management (2015)