Pendidikan

Tumbuhkan Minat Baca Masyarakat, Komunitas LLC Gelar Baca Buku Gratis

BACA BUKU: Sejumlah anak sedang membaca buku gratis di Perumahan Gramapuri Persada, Minggu (26/9). ANDOKO AKBAR/MAGANG RADAR BEKASI

RADARBEKASI.ID, BEKASI – Komunitas Lapak Literasi Cikarang (LLC) menggelar baca buku secara gratis di Perumahan Gramapuri Persada Desa Sukajaya Kecamatan Cibitung Kabupaten Bekasi, Minggu (26/9).

Kegiatan tersebut berlangsung mulai pukul 06.00 – 10.00 WIB. Acara itu diselenggarakan secara rutin setiap Minggu pagi atas dasar menumbuhkan minat baca masyarakat.

Pendiri Komunitas LLC Ahmad Isropi melihat antusias anak-anak masih tinggi terhadap minat baca di wilayah tersebut. Terbukti dari beberapa anak sudah hadir untuk membaca komik dan mewarnai saat aksi ngelapak buku baru digelar.

Rasa penasaran bocah di wilayah itu sangat senang ketika dijejali buku komik dan ditawari mewarnai secara cuma-cuma. “Sekarang lebih baik dari sebelumnya, baru mulai ngelapak mereka (bocah) sudah menyambut. Pertama kali saya harus menawarkan kertas bergambar kartun untuk diwarnai. Pas saya bilang gratis, mereka langsung menyerbu” ujar Ahmad Isropi, pemuda rantau asal Indramayu berusia 28 tahun tersebut.

Opi-sapaan akrabnya- menuturkan, setiap kegiatan ngelapak ia membawa kurang lebih 50-60 buku terdiri dari bacaan dongeng, komik, novel, dan alat mewarnai. Serta menggunakan alas duduk berupa dua terpal berukuran tiga meter.

Juga menggunakan tas persegi berukuran 50 sentimeter berwarna hitam di bawanya dari kontrakan di wilayah Desa Pasir Gombong Kecamatan Cikarang Utara sampai lokasi. “Jadi, saya membawa sekitar 60 buku, 60 persen bacaan untuk anak PAUD hingga SD dan 30 persen novel dan semacam buku untuk usia remaja ke atas. Selebihnya kertas bergambar tanpa warna aja sih. Saya pakai sepedah motor dan alasnya terpal aja, alat angkutnya pakai ransel,” imbuhnya.

Opi akan terus menggalakkan kegiatannya secara rutin meski harus mengeluarkan uang dari kantong pribadi. Tekadnya sudah bulat akan terus menggaungkan minat baca tumbuh di Kabupaten Bekasi demi keberlangsungan generasi yang intelektual di masa depan. Sebab ia melakoni kegiatan ngelapak baca buku gratis atas dorongannya sendiri tanpa paksaan dari pihak manapun.

“Karena saya senang jadi diusahakan akan terus ngelapak buku semacam ini. Menurut saya minat baca masyarakat kita masih tinggi, hanya saja kurangnya dorongan. Sebenarnya semua orang Indonesia itu pintar dan masih peduli sama dunia pendidikan,” tambah Opi.

Dalam kegiatan ini, banyak pula orang tua hadir sekedar menemani mewarnai ataupun membacakan cerita rakyat kepada sang buah hatinya. Semuanya sudah disediakan mulai dari pensil warna, crayon, dan selembar gambar.

“Bagus banget sih, saya baru tahu ada kegiatan seperti ini yang peduli pada anak. Jadi saya bisa rutin bermain dengan anak mewarnai di sini setiap hari minggu, apalagi semuanya sudah disediakan tanpa harus bayar,” ujar Yudi (34), warga Perumahan Gramapuri Persada blok R. (mg2)

Related Articles

Back to top button